Jawabanmu

2016-05-26T19:15:37+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
              ⇔ latar belakang datangnya jepang ke indonesia ⇔
         dimulai dari perang jepang melawan amerika dengan menyerbu pangkalan Angkatan Laut di Pearl Harbour, Hawai. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 7 Desember 1941. jepang memiliki cita-cita untuk menjadikan Asia sebagai kesatuan wilayah dibawa pemimpinnya. untuk mencapai tujuannya Jepang menyebut dirinya saudara tua asia dengan mempropagandakan perang Pasifik sebagai perang Asia Timur Raya dan melancarkan gerakan Tiga A yaitu "Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia". hingga datanglah Jepang ke Indonesia pada tanggal 1 Maret 1942.
       Jepang berhasil mendarat di Jawa yaitu Teluk Banten, di Eretan (Jawa Barat), dan di Kragan (Jawa Timur). Pada tanggal 5 Maret 1942 kota Batavia jatuh ketangan Jepang. Akhirnya pada tanggal 8 Maret 1942. jepang mampu mengusir belanda dengan bantuan rakyat pribumi ( rakyat indonesia) menghadapi belanda sehingga negara benda menyerah tampa syarat pada jelang yang mana Serah terima kekuasaan Belanda kepada pemerintahan Jepang tersebut kemudian diadakan pada tanggal 8 Maret 1942 di Kalijati. 
      pada saat yang bersamaan jepang merupakan negara industri yang maju kebutuhan akan barang pokok membuat jepang mengincar daerah-daerah dengan SDA yang melimpah , di tambah lagi perbekalan perag jepang yang semakin habis untuk perang melawan negara-negara musuhnya terutama amerika sehingga di mulailah penjajahan terhadap bangsa asia tenggara ( termasuk di negara indonesia) 
6 4 6