Jawabanmu

2014-09-05T18:28:02+07:00
Pelayaran hongi adalah pelayaran yang di lakukan oleh VOC untuk mencegah pelanggaran monopoli yang di lakukan oleh Belanda. jadikan yang terbaik yaa... :)
Jawaban paling cerdas!
2014-09-05T18:30:22+07:00
Pelayaran hongi adalah pelayaran yang menggunakan perahu kecil dan bersenjata lengkap yang di lakukan oleh VOC untuk mengawasi jalannya monopoli perdagangan. voc memakai politik devide et impera (politik adu domba) antara pedagang dengan raja setempat, sehingga keuntungan jatuh pada voc
1 5 1