Jawabanmu

2014-09-05T18:15:22+07:00
Karena indonesia terletak di garis khatulistiwa atau equator
Terima kasih ya sitinurhalizaip sudah gemar membantu ku ....
Jawaban paling cerdas!
2014-09-05T18:21:51+07:00
Karena gerak semu matahari, hal ini menyebabkan terjadinya angin muson. pada bulan oktober-aprilĀ  matahari berada di belahan bumi selatan, sehingga benua australia bertekanan udara minimum dan di benua asia bertekanan udara tinggi. karena udara bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah, maka bertiuplah angin dari benua asia menuju australia. karena melewati lautan yang luas, angin muson ini banyak mengandung uap air. karena itulah pada bulan tersebut di indonesia terjadi musim penghujan ( angin muson barat ). sedangkan untuk angin muson timur, hal ini akan berbanding terbalik. angin dari benua australia yang menuju benua asia melewati lautan yang sempit, sehingga di indonesia terjadilah musim kemarau, yakni pada bulan april sampai dengan oktober.
Makasih ya nabilatussyarif sudah gemar membantu ku...
cheonmane^^