Jawabanmu

2014-09-05T17:15:49+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Yaitu, alokasi, distribusi dan stabilisasi
2014-09-05T17:21:25+07:00
Sedangkan menurut Richard Musgrave dalam “The Theory of  Public Finance” yaitu kumpulan masalah yang berkisar di sekeliling proses pendapatan dan belanja negara secara tradisionil – biasanya dapat dianggap sebagai keuangan negara.
Selain itu Keuangan Negara dirumuskan juga dalam Undang-Undang No. 17 tahun 1965 tentang Badan Pemeriksa Keuangan Negara – yang dalam penjelasan Tambaan Lembaran Negara No. 2776 sebagai berikut :
“ Segala kekayaan negara termasuk didalamnya segala bagian-bagian harta milik kekayaan dan segala hak serta kewajiban yang timbul karenanya, baik kekayaan itu berada dalam penguasaan pejabat-pejabat atau lembaga-lembaga yang termasuk perintah maupun berada dalam penguasaan dan pengurusan bank-bank pemerintah, dengan status hukum publik/perdata.”
            Jika dibandingkan dengan beberapa definisi tersebut di atas, ternyata definisi yang sesuai dengan pendekatan sisi obyek, subyek, proses dan tujuan dan UU No. 17 tahun 1965 lebih luas daipada definisi yang dikemukakan oleh Richard Musgrave. Ia mengidentifikasi Keuangan Negara sebagai anggaran negara, padahal anggaran negara hanya terbatas pada segi-segi pendapatan dan pengeluaran negara yang umumnya berlaku untuk batas waktu tertentu. Sedangkan definisi sesuai pendekatan dan UU No. 17 tahun 1965 lebih luas karena disamping mengandung anggaran negara juga mengandung unsur kekayaan negara yang tidak langsung dikelola oleh pemerintah, seperti bank dan perusahaan-perusahaan negara lainnya.

Dari rumusan pengertian di atas dapat dilihat  beberapa unsur/aspek yang terkandung di dalamnya:
1.      hak-hak negara
2.      kewajiban-kewajiban negara
3.      ruang lingkup keuangan negara
4.      aspek sosial ekonomi dari keuangan negara