Jawabanmu

2014-02-25T20:17:05+07:00
Sentrifugasi
Sentrifugasi digunakan untuk memisahkan padatan yang ukurannya cukup kecil dan tersebar merata dalam cairan. Volume campuran yang akan dipisahkan biasanya sedikit sehingga tidak memungkinkan untuk disaring. Campuran yang akan dipisahkan dimasukkan ke dalam tabung, kemudian tabung dimasukkan ke dalam alat sentrifugasi.

Destilasi
Metode destilasi digunakan untuk memisahkan zat-zat penyusun dalam campuran yang berupa larutan. Pemisahan ini didasarkan atas perbedaan titik didih yang cukup besar antara zat-zat penyusun larutan. Campuran yang akan dipisahkan mula-mula dipanaskan sampai di atas titik didih zat yang akan dipisahkan. Karena zat yang akan dipisahkan memiliki titik didih yang lebih rendah daripada larutan maka zat tersebut akan menguap lebih dulu. Uap yang terbentuk selanjutnya didinginkan sehingga menjadi cairan. Cairan yang dihasilkan selanjutnya dikumpulkan dalam suatu wadah.

Kromatografi
Kromatografi adalah suatu teknik pemisahan campuran yang digunakan untuk menguraikan campuran yang berupa partikel warna menjadi komponen-komponen penyusunnya. Setetes campuran diletakkan di atas kertas kromatografi yang telah diberi tanda garis dengan pensil sebagai titik awal. Kertas ini kemudian dimasukkan ke dalam pelarut. Pelarut akan meresap pada kertas dan naik ke atas mengenai tetesan campuran. Zat-zat terlarut yang mudah larut dalam pelarut akan ikut naik bersama pelarut. Zat yang mudah larut akan naik dengan jarak paling jauh dari titik awal. Sebaliknya, zat yang sukar larut akan naik dengan jarak paling dekat dengan titik awal. Kertas hasil kromatografi disebut kromatogram.

Sublimasi
Sublimasi merupakan metode pemisahan campuran sesama zat padat berdasarkan perubahan wujud zat. Zat padat yang menyublim (berubah wujud menjadi gas atau sebaliknya) dapat dipisahkan dengan campurannya dengan zat padat yang tidak dapat menyublim menggunakan metode sublimasi. Contohnya seperti campuran iodin dengan garam dapat dipisahkan dengan cara pemanasan. Campuran dipanaskan di dalam wadah cawan yang ditutp dengan corong terbalik. Iodin akan menyublim dan menjadi uap, tapi pada saat menyentuh permukaan corong, uap iodin menyublim kembali menjadi padatan yang menempel pada permukaan corong sehingga dapat dipisahkan dengan padatan garam.

maaf klo salah ya