Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-05T15:20:43+07:00
1. Dasar negara berasal dari kata dasar dan negara. Arti kata "dasar" berarti landasan atau foundamental. Arti kata "negara" adalah suatu organisasi kekuasaan yang ada di dalamnya harus ada rakyat, wilayah, dan pemerintahan yang berdaulat. Dasar negara dapat diartikan : sebagai pedoman dalam mengatur kehidupan penyelenggaraan negara dalam berbagai bidang kehidupan.

2.Dalam kedudukannya, dasar negara memiliki fungsi utama :
     - Sebagai pedoman hidup bangsa dan negara
     - Sebagai jiwa bangsa dan negara
     - Sebagai kepribadian bangsa dan negara
     - Sebagai Sumber tertib hukum 
     - Sebagai cita-cita bangsa

3. Manfaat dasar negara : arti penting Pancasila sebagai dasar negara yaitu dimana Pancasila digunakan untuk mengatur dan acuan dalam penyelenggaraan pemerintahan negara pada semua peraturan perundang-undangan.

4. Akibat tidak memiliki dasar negara :
    - Negara tidak mempunyai pedoman hidup
    - Tidak mempunyai kepribadian bangsa
    - Tidak mempunyai arah yang jelas dalam bernegara
    - Rakyat akan terombang-ambing
    - Akan berlaku hukum rimba

2014-09-05T15:20:48+07:00
Pengertian dasar negara : segala sumber dari sumber hukum negara
kedudukan dasar negara : kedudukan dasar negara termasuk kedalam pembukaan UUD negara republik indonesia 1945 pada alinea ke 4
manfaat dasar negara : sebagai pondasi agar negara kokoh dan tdk ada perpecahan
akibat tidak memiliki dasar negara : negara ini akan hancur dan tidak ada yang bisa di jadikan sebagai pedoman oleh penduduk dan negara ini tidak akan memiliki landasan untuk pelaksanan negaranya / tdk akan berkembang dengan baik