Jawabanmu

2014-09-06T08:52:25+07:00
Proses Terjadinya Perambatan BunyiBunyi Dalam perambatannya memerlukan medium, jika kita berbicara dan orang lain dapat mendengar, itu terjadi karena bunyi merambat melalui udara. Bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa. Oleh karena itu jika kita berada di bulan, kita tidak dapat mendengar bunyi dengan jelas, dikarenakan tidak ada udara sebagai medium dalam perambatan bunyi. Bunyi juga dapat merambat di benda padat dan cair.

Cepat Rambat BunyiUntuk sampai ke telinga kita, bunyi memerlukan waktu, seberapa cepat sampainya bunyi bergantung pada cepat rambat bunyi. Bunyi memiliki cepat rambat yang terbatas. Bunyi memerlukan waktu untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Cepat rambat bunyi jauh lebih kecil dibandingkan dengan kecepatan cahaya, hal ini dapat kita amati pada saat mendung atau turun hujan. Pada saat terjadi petir kita melihat kilatan cahaya petir muncul terlebih dahulu kemudian disusul bunyi gemuruh. Sebenarnya kilatan dan bunyi petir terjadi secara bersamaan, tetapi karena cahaya merambat jauh lebih besar dibandingkan bunyi maka cahaya sampai di kita lebih dahulu dibandingakan bunyi





Cepat rambat bunyi bergantung jenis medium perambatannya, cepat rambat terbesar terjadi pada benda padat. Coba perhatikan tabel, cepat rambat bunyi juga dipengaruhi suhu dan kekerasan medium, semakin tinggi suhu dan kekerasan medium, semakin cepat bunyi akan merambat. Cepat rambat bunyi dipengaruhi suhu tersebut telah dibuktikan oleh Moll dan Vanbeek.