spora (n) akan mengalami germinasi atau perkecambahan yang kemudian akan menghasilkan protonema (n) atau cikal bakal tumbuhan lumut dan akan berkembang menjadi tumbuhan lumut (n). tumbuhan lumut itu nanti akan menghasilkan 2 gamet, yaitu anteridium (n) dan arkegonium (n).
tambahan:
..anteridium menghasilkan spermatozoid sedangkan arkegoniummenghasilkan sel ovum, . spermatozoid dan sel ovum akan mengalami fertilisasi sehingga membentuk zigot (2n) kemudian akan berkembang menjadi sporofit (2n).
..sporofit (2n) akan mengalami meiosis sehingga akan membentuk spora (n) dan begitu seterusnya.

Jawabanmu

2014-02-25T16:04:45+07:00
Lumut menghasilkan Spora. spora yang jatuh ke tanah tumbuh jadi protonema. protonema tumbuh jadi tumbuhan lumut.setelah lama, lumut membentuk anterisium (alat kelamin jantan) dan Arkegonium (alat kelamin betina).Anteredium menghasikan sperma dan arkegonium menghasilkan ovum. keduanya bersatu membentuk zigot.dan nantinya zigot akan berkembang membentuk sporangIum yang berubah menjadi Spora.
Jawaban paling cerdas!
2014-02-25T16:52:15+07:00
Spora yg sudah matang berkecambah menjadi tumbuhan lumut,lalu menjadi zigot, menajdi tumbuhan lumut dewasa dan mulai membentuk sel gamet yakni arkhegonium dan entheridium mengadakan fertilisasi, setelah itu tumbuh menjadi lumut dewasa yang mulai menghasilkan spora dan jika sudah matang spora akan berkecambah begitu seterusnya
1 5 1