Jawabanmu

2014-09-04T20:11:46+07:00
BPUPKI adalah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah jepang yang diketuai oleh dr wajiman wedyodiningrat.pada sidang pertama bpupki membahas tentang dasar negara.pada sidang pertama ini ada 3 tokoh yang mengusulkan pendapatnya yaitu Mr moh yamin,mr soepomo,dan IR soekarno

PPKI adalah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah jepang,ppki diketuai oleh IR soekarno dan diwakili oleh Mohammad hatta.
2014-09-04T20:14:46+07:00
Pembentukan BPUPKIPada akhir 1944, posisi Jepang semakin terjepit dalam Perang Asia Timur Raya dimana Sekutu berhasil menduduki wilayah-wilayah kekuasaan Jepang,Menghadapi situasi yang kritis itu, maka pada tanggal 1 Maret 1945 pemerintah pendudukan Jepang di Jawa yang dipimpin oleh Panglima tentara ke-16 Letnan Jenderal Kumakici Harada mengumumkan pembentukan Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).
 Tujuan pembentukan badan tersebut adalah menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi, politik dan tata pemerintahan sebagai persiapan untuk kemerdekaan Indonesia.
 BPUPKI berhasil dilantik 28 Mei 1945 bertepatan dengan hari kelahiran Kaisar Jepang, yaitu Kaisar Hirohito. Adapun keanggotaan yang terbentuk berjumlah 67 orang.
ketua Dr. K.R.T. Radjiman Widiodiningrat dan R. Suroso BPUPKI mulai melaksanakan tugasnya dengan melakukan persidangan untuk merumuskan undang-undang dasar bagi Indonesia kelak. Hal utama yang dibahas adalah dasar negara bagi negara Indonesia merdeka.Selama masa tugasnya BPUPKI hanya mengadakan sidang dua kali.
ada 3 orang yg memberi pandangannya mengenai dasar negara Indonesia yaitu Mr. Muhammad Yamin, Prof. Dr. Supomo dan Ir. Soekarno.