Jawabanmu

2014-09-04T19:20:52+07:00
Salah satu bentuk reaksi makhluk hidup terhadap rangsangan
salah satu bentuk reaksi makhluk hidup terhadap rangsangan
Jawaban paling cerdas!
2014-09-04T19:29:01+07:00
Yang dimaksud bergerak disini adalah perubahan posisi secara menyeluruh atau perubahan sebagian saja. Pergerakan yang terjadi berhubungan dengan tanggapan terhadap rangsang yang diterima. Contoh pergerakan pada tumbuhan: gerak menutup daun putri malu saat kita disentuh, gerak ujung batang dari bawah ke atas ke arah sinar matahari, gerak membukanya biji lamtoro karena perubahan kadar air, dll. Sedangkan pada hewan contohnya adalah gerak aktif pada hewan vertebrata dengan alat gerak yang berupa otot, gerak pasif pada hewan vertebrata yaitu alat gerak berupa tulang, dan gerak pada manusia yaitu berjalan, berlari dan lain-lain.
1 5 1