Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-04T17:29:49+07:00
Tujuan utama VOC adalah mempertahankan monopolinya terhadap perdagangan rempah-rempah di Nusantara. Hal ini dilakukan melalui penggunaan dan ancaman kekerasan terhadap penduduk di kepulauan-kepulauan penghasil rempah-rempah, dan terhadap orang-orang non-Belanda yang mencoba berdagang dengan para penduduk tersebut.

Semoga membantu
1 5 1
2014-09-04T17:31:10+07:00
Mengawasi pelaksanaan monopoli perdagangan VOC dan menindak pelanggarnya.