Jawabanmu

2014-09-04T15:45:44+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pada tahun 1779 Sultan Jamaluddin raja Tidore ditangkap oleh VOC, kemudian diasingkan ke Batavia. Peristiwa itu menyebabkan kemarahan rakyat Tidore. Maka berkobarlah perlawanan terhadap VOC di bawah pimpinan Sultan Nuku, putra Sultan Jamaluddin.
Untuk menghadapi Belanda, Sultan Nuku meniru siasat yang sering digunakan oleh Belanda, yaitu siasatdivide et impera. Sultan Nuku pun menjalankan siasat mengadu domba. Siapakah yang diadu dombakan Sultan Nuku? Inggris dan Belanda.
Sultan Nuku menghasut orang-orang Inggris agar mengusir orang-orang Belanda. Setelah berhasil Sultan Nuku segera menggempur orang-orang Inggris. Ternyata politik adu domba Belanda ibarat senjata makan tuan.
2 1 2