Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-04T12:18:18+07:00
Belanda menganut imperialisme kuno. ciri dari imperialisme kuno adalah gold (mencari kekayaan), gospel (menyebarkan agama protestan), glory (mencari kejayaan). selama 350 tahun penjajahanx sngt terasa bagaimana keluhan dan penderitaan org2 pribumi. krn sifat belanda yg rakus, maka belanda terus mengeruk SDA indonesia dan justru dipakainya untuk membangun negeri belanda. sementara inggris menganut imperialisme modern yg cirinya adalh mencari daerah jajahan untuk dijadikan tempat ekspor barang2 industri inggris yg surplus pasca revolusi industri. selain itu inggris jg mengeruk SDA daerah jajahannya untuk bahan produksi industrinya. tetapi inggris melakukan tindakan balas budi dgn mendidik dan mejaga lingkungan daerah jajahannya. contoh nyatanya coba bandingkan indonesia yg dulu dijajah belanda dgn malaysia yg dulunya dijajah inggris. silahkan telusuri sejarah penjajahan kedua negara itu dan bandingkan bgmn cara belanda dan inggris dlm melakukan penjajahannya.
4 4 4
2014-09-04T12:20:34+07:00
Penjajahan inggris lebih baik daripada penjajahan belanda karena penjajahan inggris memang mensengsarakan negara yang dijajahnya, tetapi negara yang dijajahnya juga menguntungkan karena mendapatkan berbagai pendidikan, ekonomi, dan juga teknologi dari penjajahan inggris.

sedangkan penjajahan belanda akan sangat merugikan negara yang dijajahnya, karena belanda hanya merampas seluruh harta kekayaan negara jajahannya tanpa memberikan ilmu pengetahuan maupun teknologi
6 3 6