Jawabanmu

2014-02-24T20:52:35+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Metabolisme berasal dari kata Yunani “Metabole” ynisme hang berarti perubahan.  Jadi Metabolisme adalah segala proses reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh makhluk  hidup, mulai makhluk hidup bersel satu hingga yang memiliki susunan tubuh kompleks seperti manusia.

-
Macam-macam Metabolisme
1. Katabolisme adalah proses penguraian atau pemecahan molekul-molekul kompleks menjadi molekul sederhana dengan tujuan untuk melepaskan energi, proses ini disebut juga dengan proses eksergonik karena membebaskan energi melalui perombakan nutrien atau molekul kompleks. 
2. 
Anabolisme adalah proses penyusunan molekul-molekul besar atau kompleks melalui proses sintetis molekul-molekul yang lebih kecil atau sederhana.
2 5 2
Jawaban paling cerdas!
2014-02-24T20:52:43+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Metabolisme = semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme

macam : a. Katabolisme =proses penguraian atau pemecahan molekul molekul kompleks menjadi sederhana untuk melepaskan energi
cth : proses respirasi seluler

             b. Anabolisme = proses penyusunan molekul molekul besar atau kompleks melalui proses sintesis molekul molekul kecil atau sederhana 
cth : proses fotosintesis
7 4 7