Jawabanmu

2014-09-04T04:00:05+07:00
Topeng reog dari tanah liat...
cara pembuatannya dengan cara cor di cetakan lalu dibentuh dan di beri amplas supaya halus terakhir ditambahkan cat.
2014-09-04T04:14:25+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Topeng yang terbuat dari kayu yang cukup lunak dan mudah dibentuk namun tetap dibutuhkan ketekunan, ketelitian yang tepat, serta membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam proses pembuatannya. Bahkan seorang pengrajin yang sudah ahli pun untuk membuat satu topeng membutuhkan waktu hingga satu hari. Kayu yang biasa digunakan adalah kayu jarang. Topeng ini biasanya digunakan untuk kesenian tari topeng Cirebon.
Cara Pembuatan: 
Langkah-langkah pembuatan topeng Cirebon adalah sebagai berikut:
Kayu gelondongan dibentuk segitiga dan dihaluskan permukaannyaMulai dipahat sedikit demi sedikit terutama untuk peletakan bagian-bagian wajah seperti mata, pipi, dan bibir. Bagian hidung harus lebih timbul dari bagian lainnya. Setiap permukaan wajah mulai dibentuk dengan menggunakan pahat. Setelah cukup rapi, seluruh permukaan wajah diolesi cat dasar, kemudian diamplas. Setelah cat kering, mulailah wajah topeng itu didandani dengan menggunakan cat warna.