Jawabanmu

2014-09-04T00:09:33+07:00
Inti atom ditemukan oleh ernest rutherford yang mengatakan bahwa inti atom terdiri dari (bermuatan positif dipusat) dan elektron bergerak menggelilingi inti atom. sebagian besar atom adalah ruang kosong dan hampir semua massa atom ada pada inti. hal ini iya buktikan dengan melakukan percobaan sinar alpha.
1 3 1
2014-09-04T00:52:12+07:00
Sebelumnya sudah membahas tentang sejarah penemuan elektron daan sejarah penemuan proton. Setelah penemuan proton dan elektron, Ernest Rutherford melakukan penelitian penembakan lempeng tipis emas. Jika atom terdiri dari partikel yang bermuatan positif dan negatif maka sinar alfa yang ditembakkan seharusnya tidak ada yang diteruskan/menembus lempeng sehingga muncullah istilah inti atom. Ernest Rutherford dibantu oleh Hans Geiger dan Ernest Marsden pada tahun 1911, menemukan konsep inti atom didukung oleh penemuan sinar X oleh WC. Rontgen pada tahun 1895 dan penemuan zat radioaktif pada tahun 1896. Percobaan Rutherford dapat digambarkan sebagai berikut.

Hasil percobaan ini membuat Rutherford menyatakan hipotesisnya bahwa atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan dikelilingi elektron yang bermuatan negatif, sehingga atom bersifat netral. Massa inti atom tidak seimbang dengan massa proton yang ada dalam inti atom, sehingga dapat diprediksi bahwa ada partikel lain dalam inti atom.

1 3 1