Jawabanmu

2014-09-03T23:13:34+07:00
Agama, ras, suku dll yang berbeda pendapat dapat menyebqbkan kerusuhan
2014-09-03T23:16:09+07:00
Faktor-faktor penyebab terjadinya merusuhan:
1. Karena demokrasi yang kebablasan, ibaratnya seperti kuda yang baru dilepas dari istal, maka akan mudah lepas kendali karena lama berada dalam kekangan orde baru. 
2. Pemerintahan saat ini kurang tegas dalam menindak perusuh atau menghambat terjadinya pertikaian yang berkaitan dengan SARA. 
3. Sejak dari dulu negara ini merupakan negara dengan keanekaragaman, baik bahasa, budaya, etnis, maupun agama. Jika sikap tenggang rasa mulai terkikis maka gesekan-gesekan kecil bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.
4. Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda. Seseorang sedikit banyak akan terpengaruh dengan pola-pola pemikiran dan pendirian kelompoknya. Pemikiran dan pendirian yang berbeda itu pada akhirnya akan menghasilkan perbedaan individu yang dapat memicu konflik.
5. Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok.
Manusia memiliki perasaan, pendirian maupun latar belakang kebudayaan yang berbeda. Oleh sebab itu, dalam waktu yang bersamaan, masing-masing orang atau kelompok memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Kadang-kadang orang dapat melakukan hal yang sama, tetapi untuk tujuan yang berbeda-beda.