Jawabanmu

2014-09-03T22:06:01+07:00
a. portugis menjajah indonesia pada tahun 1486
 , portugis mulai melakukan monopoli terhadap perdagangan rempah - rempah di maluku
 -Spanyol menjajah indonesia sejak tahun 1602 yaitu karena adanya  persekutuan dagang yang bernama VOC   
 -Inggris menjajah indonesia pada tahun 1811
Pada tahun 1814 dilakukanlah Konvensi London yang isinya pemerintah Belanda berkuasa kembali atas wilayah jajahan Inggris di Indonesia. Lalu baru pada tahun 1816, pemerintahan Inggris di Indonesia secara resmi berakhir. Dan sejak saat itu, Belanda kembali berkuasa di Indonesia hingga tahun 1942.
-jepang menjajah indonesia pada tahun 1868

Jepang melakukan modernisasi besar-besaran yang dikenal dengan Restorasi Meiji. Dan sejak saat itu Jepang telah menjadi negara industri yang sangat modern.
Pada tahun 1941 Jepang menyerang Pearl Harbor, dan sejak saat itu Jepang dan Amerika Serikat mulai terlibat dalam perang dunia ke-2. Untuk membiayai mesin-mesin perang dan industri agar tetap berjalan, maka Jepang melakukan invasi ke beberapa daerah yang kaya bahan mentah termasuk Indonesia.

Tahun 1942 Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang dalam sebuah perjanjian di daerah Kalijati. Sejak saat itu, berakhirlah masa penjajahan Belanda di Indonesia dan digantikan oleh Jepang. Jepang sendiri menjajah Indonesia hanya dalam waktu 3,5 tahun dan berakhir pada tanggal 17 Agustus 1945 yaitu tepat saat proklamasi kemerdekaan Indonesia.

 Itu Saja yang saya tau , lebih kurang mohon maaf wassalamualaikum wr. wb.  :') Semoga Bermanfaat bagi kita semua :')