Jawabanmu

2014-09-03T21:37:28+07:00
Pengertian manusia purba Leave a reply Manusia purba adalah jenis manusia yang hidup jauh sebelum tulisan ditemukan. Manusia purba diyakini telah mendiami bumi sekitar 4 juta tahun yang lalu. Namun demikian para ahli sejarah meyakini bahwa jenis manusia purba pertama telaha ada di muka bumi ini sekitar 2 juta tahun yang lalu. Manusia purba mempunyai volume otak yang lebih kecil dari pada manusia modern sekarang ini. Mereka biasanya hidup secara berkelompok dan mengandalkan bahan makanannya dari buah-buahan dan binatang kecil. Mereka masih belum mengenal cara bercocok tanam. Kehidupan manusia purba masih sangat sederhana. Untuk menopang kehidupannya mereka menggunakan alat-alat yang masih sangat sederhana. Biasanya alat yang digunakannya terbuat dari batu. Dengan cara apa para ahli dapat mendeskripsikan kehidupan manusia purba? Para ahli dapat mendeskripsikan kehidupan manusia purba setelah menemukan fosil atau artefak peninggalan manusia purba. Dengan ditemukannya berbagai temuan tersebut maka dapat dirangkai dan disusun perkiraan kehidupan manusia purba pada zaman dahulu.
Manusia purba adalah jenis manusia yang hidup jauh sebelum tulisan ditemukan. Manusia purba diyakini telah mendiami bumi sekitar 4 juta tahun yang lalu. Namun demikian para ahli sejarah meyakini bahwa jenis manusia purba pertama telaha ada di muka bumi ini sekitar 2 juta tahun yang lalu.
2014-09-04T00:54:41+07:00
Manusia purba adalah manusia penghuni bumi yang hidup pada zaman prasejarah/pra aksara (zaman ketika manusia belum mengenal tulisan). Kita mengetahui adanya manusia purba, yaitu dengan ditemukannya fosil dan artefak. Fosil adalah sisa-sisa organisme (manusia, hewan, dan tumbuhan) yang telah membatu yang tertimbun di dalam tanah dalam waktu yang sangat lama. Sedangkan artefak adalah perkakas atau alat-alat yang dipergunakan manusia purba ketika masih hidupnya. Fosil dan artefak itu ditemukan oleh para arkeolog (ahli purbakala) melalui kegiatan penggalian tanah. Hasil penggalian yang berupa fosil dan artefak ini kemudian diteliti. Tujuannya untuk mengetahui kehidupan manusia yang hidup pada masa lampau. Sebab manusia purba tidak meninggalkan sumber-sumber sejarah yang berupa tulisan.

Dari fosil dan artefak inilah kita dapat mengetahui kehidupan manusia Indonesia yang hidup pada masa prasejarah. Mengetahui kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman prasejarah sangatlah penting. Karena selain kita dapat mengetahui ciri-ciri kehidupan manusia Indonesia yang hidup pada masa lampau, kita juga dapat membandingkannya dengan manusia sekarang. Berdasarkan fosil dan artefaknya kita juga dapat mengetahui bahwa manusia purba hidupnya masih sangat sederhana, fisiknya belum sempurna seperti manusia sekarang, demikian pula dengan hasil-hasil kebudayaannya. Keadaan seperti itu sesuai dengan keadaan lingkungan hidupnya yang masih hutan belukar. Ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan pada masa itu belum maju seperti sekarang.