Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-24T19:50:10+07:00
Karena rotasi pergerakan bumi berputar ke arah timur, sehingga bagian timur akan terlebih dahulu merasakan matahari dan akan terlebih dahulu juga membelakangi matahari
1 5 1
2014-02-24T19:50:19+07:00
Matahari terbit adalah peristiwa dimana sisi teratas Matahari muncul di atas horizon ditimur. Matahari terbit tidak sama dengan fajar, dimana langit mulai terang, beberapa waktu sebelum Matahari muncul, mengakhiri twilight (peristiwa cahaya Matahari terlihat mulai akhir senja hingga fajar). Karena refraksi atmosfer menyebabkan Matahari masih dapat terlihat sementara berada di bawah horizon, Matahari terbit dan Matahari terbenam adalah, dari satu sudut pandang, ilusi optik. Matahari juga muncul lebih besar di horizon, tapi hal ini merupakan ilusi optik lainnya, sama dengan ilusi bulan.Revolusi Matahari ke barat mengitari bumi setelah keluar dari horizon disebabkan rotasi Bumi ke timur, sebuah revolusi berlawanan jarum jam ketika dilihat dari atas Kutub Utara. Ilusi ini sangat meyakinkan bahwa banyak budaya memiliki mitologi dan agama yang dibuat berdasarkan model geosentris. Efek yang sama dapat dilihat dengan satelit dekatkutub.