Bagaimana perkembangan kehidupan pers di indonesia semenjak pra kemerdekaan hingga sekarang ?

2
sudahkan yang terbaiknya ? bantu aku donk :)
belum aku belum dapat terbaiknya
udah yang terbaik kok ..
makasih
sama" . bantu aku donk..
berikan tanggapan penjelasan , mengapa pers harus memiliki rasa pertanggungjawaban terhadap informasi / berita yang ditulisnya. ?

Jawabanmu

2014-02-24T19:55:51+07:00
Pd masa pergerakan smpai kemerdekaan pers dibagi jd 3 yaitu pers kolonial, per Cina, dan pers nasional.
1. Thn 1945 - 1950an : pers mnjadi alat perjuangan bagi indonesia
2. thn 1950 - 1960an , pers sbg alat propaganda politik pd masa demokrasi liberal
3. thn 1970an : pers mengalami depolitisasi dan komersialisasi 
4. masa reformasi hingga sekarang : pers indonesia menikmati kebebasan pers
1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-02-24T20:31:34+07:00
Sejarah perkembangan pers dari pra kemerdekaan hingga sekrang
1.tahun 1945-1950an
 pada masa ini persa hanya di sebut sebagai pers perjuangan
2.tahun 1950-1960an
 pada masa ini pers adalah alat propaganda pada masa parlementer tau masa demokrasi liberal
3. tahun 1970an
pada masa ini orde baru berkuasa pada masa ini pers mengalami depolitasi
4. tahun 1980an
pada masa ini pers sangat muda di tutup karena adanya peraturan menteri penerangan no 1 tahun 1984
5.tahun 1990an
pada masa ini pers melakukan repotilisasi dan pers indonesia mulai menentang pemerintah
6.masa reformasi(1998/1999) - sekarang
pada masa ini pers menikmati kebebasan dan terbentuk UU No 40 tahun 1999 tentang pers 




tandai terbaik pliss
4 2 4