Jawabanmu

2014-09-03T21:28:06+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
BPUPKI didirikan pada tanggal 1 Maret 1945. Ketuanya adalah dr.K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat dan wakilnya adalah R.P. Suroso Hasil Sidang Pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945 - 1 Juni 1945Muh.Yamin (29 Mei 1945)Peri kebangsaanPeri kemanusiaanPeri ketuhananPeri kerakyatanKesejahteraan rakyatProf.Dr.Supomo (31 Mei 1945)PersatuanKekeluargaanKeseimbangan lahir batinMusyawarahKeadilan rakyatIr.soekarno (1 Juni 1945)Kebangsaan IndonesiaInternasionalisme dan kemanusiaanMufakat dan demokrasiKesejahteraan sosialKetuhanan yang Maha EsaHasil Sidang BPUPKI Kedua Pada Tanggal 29 Mei - 1 Juni 1945Pernyataan Indonesia merdekaPembukaan Undang-Undang DasarUndang-Undang Dasar itu sendiri dan Batang Tubuh PIAGAM JAKARTA:
Pembukaan
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia, dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, dan dengan didorong oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya. Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia Merdeka yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu hukum dasar negara Indonesia yang berbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia, yang berkedaulatan rakyat, dengan berdasarkan kepada: Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan-perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jakarta 22 Juni 1945 Panitia Sembilan SoekarnoMohammad HattaMuhammad YaminAchmad SoebardjoAbikoesno TjokrosoejosoHaji Agus SalimA.A. MaramisAndul Kahar MuzakkirWachid Hasyim


3 4 3