Jawabanmu

2014-09-03T20:18:37+07:00
Kalimat AktifKalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya menyatakan suatu tindakan/perbuatan.
Macam-Macam Kalimat Aktif:Kalimat Aktif TransitifAdalah kalimat aktif yang predikatnya diikuti oleh nomina yang berfungsi sebagai objek. (lihat pembahasan mengenai ketransitifan verba)Contoh:(1) Nenek membelikan adik baju baru.(2) Kakek membawa buku
Kalimat Aktif IntransitifAdalah kalimat aktif yang predikatnya tidak diikuti oleh nomina yang berfungsi sebagai objek.Contoh:(1) Adik sedang bermain bola di taman(2) Kakak sedang makan nasi goreng.Dari contoh-contoh di atas dapat diketahui bahwa predikat dalam kalimat aktif dapat berupa imbuhan /meng-/ , /ber-/ dan kata kerja aus yaitu kata kerja yang tidak perlu mendapatkan imbuhan.
Kalimat PasifKalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai tindakan/ perbuatan.Contoh:(1) Adik dibelikan (oleh) Nenek baju baru(2) Buku dibawa (oleh) kakek.(3) Mobilnya kejatuhan buah kelapa.(4) Kaki orang itu tertimpa balok kayu.
Kaidah penempatan subjek dalam kalimat pasifKata ganti orang pertama dan kedua diletakkan sebelum predikat.Contoh:(1) Buku itu saya beli di Jakarta.(2) Telah kupinjam baju kakak(3) Akan kami selesaikan masalah itu dengan bijaksana.(4) Kita laksanakan tugas itu dengan sungguh-sungguh.(5) Mengapa kau ambil barang itu?(6) Anda kerjakan tugas itu sekarang juga!(7) Apakah Saudara bawa buku itu?(8) Sebaiknya kalian dengarkan penjelasan orang itu terlebih dahulu.
Kata ganti orang ketiga diletakkan sesudah predikat.Contoh:(9) Buku itu telah diambilnya.(10) Benda itu akan dibawa (oleh) beliau.(11) Sepeda baru adik dipinjam (oleh) kakak.(12) Soal yang sulit itu telah dikerjakan oleh mereka