1. keuntungan indonesia beriklim tropis adalah ...
2. hubungan letak indonesia dengan keberadaan dua musim di indonesia adalah ...
3. mengapa kondisi tanah di pulau jawa umumnya sangat subur untuk pertanian ...
4. daerah bandung jawa barat merupakan daerah dataran tinggi, sedangkan cirebon jawa barat merupakan dataran rendah. untuk mengembangkan perkebunan teh mana daerah yg lebih tepat? jelaskan alasanmu!
5. iklim indonesia berpengaruh terhadap variasi flora dan fauna tersebut terancam oleh keberadaan manusia. sebagai pelajar apa yang dapat kamu lakukan untuk turut serta melestarikan flora dan fauna dilingkungan tempat tinggalmu?

2

Jawabanmu

2014-09-03T19:58:04+07:00
1. -suhu tidak terlalu ekstrim
-kegiatan pertanian bisa dilakukan sepanjabg tahun
2.jadi indonesia memiliki dua musim karena, indonesia terletak antara 2 samudera, maka dariitu indonesia dilewati oleh angin muson timur dan angin muson barat yang berpindah dari samudra hindia ke samudra paaifik atau sebaliknya.
3. karena di daera jawa banyak terdapat gunung merapi
4. karena menurut klasifikasi iklim menurut JUNGHUN tumbuhan teh cocok di tanam pada ketinggian 700-1500m
5. menanam pohon, memberi peringatan,dll.
2014-09-03T19:58:50+07:00
1. dilalui jalur perdagangan dunia, menjadi jalur persilangan trans. kapal laut, dpt berinteraksi dg bangsa lain, dpt belajar bhs asing dri pedagang asing, cuacanya tidak terlalu ekstrim, dapat bercocok tanam sepanjang tahun

2.
keberadaan 2 musim di indonesia sangat berhubungan dengan letak indonesia,yaitu terletak di antara dua Benua yakni benua asia dan benua australia dan berada di antara samudra hindia dan samudra pasifik,sehingga musim di indonesia sangat dipengaruhi oleh angin monsun,(udara selalu menuju ke tempat yang panas)

berikut penjelasannya :
   1. Terjadinya musim kemarau
hal ini karena daratan asia lebih panas daripada australia,sehingga angin bergerak menuju benua asia,karna samudra hindia kecil,angin yang membawa uap air tidak sampai jatuh ke indonesia

    2. terjadinya musim hujan
hal ini karena daratan australia lebih panas daripada asia,sehingga angin bergerak menuju australia melalui samudra pasifik yang luas,sehingga membawa uap air yang banyak,ketika angin ini bergerak ke australia dan melalui indonesia, uap air jatuh di daratan indonesia dan mengakibatkan musim hujan.

3.
Pulau Jawa umumnya memiliki banyak gunung vulkanik yang aktif. Saat gunung tsb meletus, maka gunung tsb akan mengeluarkan materi letusan yang mengandung banyak zat hara. Oleh karena itu tanah di Pulau Jawa sangat subur dan tanahnya cocok untuk pertanian.

4. Menurut saya sih, teh lebih cocok ditanam di daerah Bandung, Jawa Barat. Karena di wilayah tersebut banyak sekali pegunungan sehingga cocok utk pertumbuhan teh. Karena udara di sekitar pegunungan bersuhu sejuk sehingga teh bisa hidup di sana Maaf kalau salah^_^


5.
melakukan gerakan greenbelt,reboisasi,belajar pelajaran plh,ips,ipa biologi,membuang sampah pada tempatnya & Dengan memulai hal kecil seperti go green, tidak merusak hutan, belajar