Jawabanmu

2014-09-03T19:38:32+07:00
Umpamakan apel = x , jeruk = y

3x + 2y = 6.900 | x 1 |
5x + 1 y = 8.700 | x 2 |

3x+2y=6.900
10x + 2y = 17.400 
--------------------------- -
- 7x = - 10500
x = -10500/ -7
x = 1500 ( Apel )

3.1500 + 2y = 6900
4500 + 2y = 6900
2y = 6900-4500
2y = 2400
y = 2400/2
y = 1200 ( jeruk )

jadi, 4x1500 = 6000 . 5x1200 = 6000
total . 12.000


Jawaban paling cerdas!
2014-09-03T19:41:39+07:00
Diketahui :
3A + 2J = 6.900 | x 1 |  catatan : dikalikan untuk menyamakan jumlah jeruknya
5A + J   = 8.700 | x 2 |
setelah dikalikan menjadi
3A + 2J = 6900
10 A + 2J = 17.400
setelah itu  dikurangi, maka menjadi
-7A = -10.500
   A = 10.500 / 7 = 1500, maka harga apel = 1500 per buah
untuk mencari harga jeruk, pilihlah persamaan 1 atau 2 untuk mensubtitusikan nilai  apel,
misal menggunakan persamaan 1, maka :
3A + 2J = 6900
3(1500) + 2J = 6900, maka
4500 + 2J = 6900, maka harga jeruknya 1200 per buah

pada soal :
4A + 5J = 4(1500) + 5(1200)
             = 6000 + 6000 = 12.000



1 5 1