Jawabanmu

2014-09-03T19:30:21+07:00
Voc mengalami kerugian dan banyak utang
voc banyak mengeluarkan biaya untuk peperangan
rendahnya gaji yg diberikan utk pegawai voc
banyaknya saingan seperti inggris dan perancis

1 2 1
Jawaban paling cerdas!
2014-09-03T19:37:39+07:00
1.banyak pegawai voc yang curang & korupsi
2.banyak pengeluaran untuk biaya peperangan, contoh: perang melawan hasanuddin dari gowa
3.banyaknya gaji yang harus di bayar karena kekuasaan yang luas
4.membutuhkan pegawai yang banyak.
5.pembayaran devident ( keuntungan) bagi pemegang saham turut memberatkan setelah pemasukan voc kekurangan.
6.bertambahnya saingan dagang di asia terutama Inggris dan Prancis.

semoga bisa membantu
2 4 2