Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-03T19:21:17+07:00
Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara ialah Pancasila berperan sebagai landasan dan dasar bagi pelaksanaan pemerintahan, membentukan peraturan, dan mengatur penyelenggaraan negara.

Melihat dari makna pancasila sebagai dasar negara kita tentu dapat menyimpulkan bahwa pancasila sangat berperan sebagai kacamata bagi bangsa Indonesia dalam menilai kebijakan pemeritahan maupun segala fenomena yang terjadi di masayrakat.

Pancasila sebagai dasar negara sering disebut dasar falsafah negara (dasar filsafat negara/philosophische grondslag) dari negara, ideologi negara (staatsidee). Dalam hal ini Pancasila dipergunakan sebagai dasar mengatur pemerintahan negara. Dengan kata lain, Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara.
2014-09-03T19:23:52+07:00
Karena pancasila terdiri dari 5 dasar negara yang mewakili setiap kepribadian bangsa Indonesia, yaitu ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permussyawaratan perwakilan dan terakhir keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Kelima unsur dari dasar negara tersebut disusun menjadi 1 yang akhirnya dinamakan Pancasila. Selain itu ahli bahasa juga mengemukakan bahwa pendapat yang telah di ucapkan IR.Soekarno pada sidang BPUPKI tersebut mengandung kelima unsur tersebut 
1 5 1