Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-03T18:35:59+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Nama resmi : Republika Democratika de Timor LesteIbu kota : DilliLuas wilayah : ± 14.874 km²Jumlah penduduk : ± 1.040.880 jiwa (2005)Kepadatan : ± 69 jiwa/km²Agama : Katolik (90%), Kristen Protestan (5%), Islam (3%), dan sisanya Buddha, Hindu, serta aliran kepercayaan (2%)Suku bangsa : campuran antara suku bangsaMelayu dan PapuaMata uang : saat ini masih menggunakan DolarAmerika dan Rupiah dalam perdaganganBahasa : Tetun (resmi), Portugis, dan IndonesiaLagu kebangsaan : PátriaKemerdekaan : Diproklamasikan 28 November 1975 (dari Portugal) dan diakui 20 Mei 2002 setelah berada di bawah naungan IndonesiaSecara astronomis, Timor Leste terletak antara 8°LS - 10°LS dan 124°BT - 127°30’BT. Negara ini berbatasan langsung dengan Indonesia (Provinsi Nusa Tenggara Timur) di sebelah Barat.Sementara itu, di sebelah Utara dibatasi oleh Selat Wetar dan di sebelah Timur dan Selatan dibatasi oleh Laut Timor. Negara ini juga memiliki sedikit wilayah yang terpisah dan berada di kawasan Pantai Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dilihat dari kondisi topografinya, sebagian besar wilayah Timor Leste merupakan daerah pegunungan, sedangkan tanahnya berupa endapan kapur dan tanah liat. Timor Leste hanya memiliki satu danau, yaitu Danau Surubel. Adapun puncak tertinggi terdapat di Gunung Tatamaliau (2.963 m). Selain itu, Timor Leste juga memiliki banyak sungai, namun pada umumnya sungai-sungai tersebut kering pada musim kemarau.Republik Demokratis Timor Timur (dalam bahasa Indonesia), Timor Leste (dalam bahasa Portugis), atau Timor Lorosae (dalam bahasa Tetun) merupakan sebuah negara yang memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Timor Timur secara resmi merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. Ketika Timor Timur menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama dalam bahasa Portugis “Timor Leste” sebagai nama resmi negara mereka.Kepala Negara Republik Timor Leste yaitu seorang presiden yang dipilih secara langsung dengan masa bakti selama 5 tahun.Meskipun fungsinya hanya seremonial, ia juga memiliki hak veto undang-undang. Perdana menteri dipilih dari pemilihan multipartai dan diangkat atau ditunjuk dari partai mayoritas sebuah koalisi mayoritas. Sebagai kepala pemerintahan, perdana menteri mengepalai dewan negara atau kabinet.a. Potensi Alam1) Mempunyai garis pantai yang cukup panjang dan wilayah perairan (laut) yang cukup luas.2) Wilayah daratannya bervariasi, dari dataran pantai hingga pegunungan, namun mayoritas ketampakan alamnya berupa pegunungan.3) Mempunyai banyak aliran sungai.4) Mempunyai wilayah hutan yang cukup luas, terutama di kawasan pegunungan.5) Memiliki kekayaan barang-barang mineral, baik di daratan maupun di lautan.b . Potensi Sosial Budaya1) Memiliki beraneka ragam suku bangsa dengan rumpun suku bangsa yang sama.2) Mayoritas penduduknya beragama Katolik, sehingga patuh kepada uskup atau perintah uskupnya.3) Masyarakatnya memiliki semangat untuk maju dan berkembang.c . Potensi Industri1) Kaya akan hasil-hasil perkebunan, terutama kopi, kelapa, dan karet.2) Kaya akan hasil-hasil hutan, terutama damar dan berbagai jenis kayu.3) Kaya akan hasil-hasil mineral, seperti minyak bumi dan emas.4) Memiliki sumber daya manusia yang cukup banyak, baik sebagai sumber tenaga kerja maupun sebagai konsumen hasil produksi.d . Potensi PerdaganganTimor Leste merupakan negara yang relatif baru di dunia internasional. Oleh karena itu, peran perdagangannya juga masih terbatas. Untuk kondisi saat ini, Timor Leste masih cenderung pasif dalam perdagangan dunia. Komoditasnya masih digunakan untuk memenuhi kebutuhan negaranya sendiri, bahkan masih mengimpor beberapa barang dalam pemenuhan kebutuhan dalam negerinya.Bentuk perdagangan yang masih berkembang adalah perdagangan tradisional dengan para pelintas batas dari Indonesia.e. Potensi Pariwisata1) Memiliki corak budaya yang khas.2) Mempunyai objek wisata alam, terutama pantainya yang indah.3) Telah memiliki berbagai fasilitas transportasi, seperti bandara, pelabuhan laut, dan jalan raya.
6 4 6
2014-09-03T18:39:12+07:00
Republik Demokratik Timor Leste (juga disebut Timor Lorosa'e), yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, adalah sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat. Timor Leste dulu adalah salah satu provinsi di Indonesia, Timor Leste secara resmi merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. Sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur, ketika menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama Portugis "Timor Leste" sebagai nama resmi negara mereka.
4 4 4