Jawabanmu

2016-08-07T12:30:58+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Peranan ilmu kimia sangat besar sekali bagi kehidupan manusia.
Ilmu kimia pada umumnya mempelajari proses yang terjadi pada alam beserta reaksi-reaksi nya.
Disamping itu ilmu kimia telah mengeluarkan produk-produk seperti sandang, obat-obatan, pangan, dll.

Sebagai contoh dalam bidang kedokteran, ilmu kimia bersama dengan ilmu biologi memiliki peran dalam pembuatan obat-obatan dan mempelakari reaksi yang terjadi dalam tubuh manusia.

Contoh lainnya adalah dalam bidang pertanian, ilmu kimia dapat memberikan informasi tentang kesuburan tanah, dan dengan data tersebut petani dapat menentukan tumbuhan yang kekurangan zat, supaya tepat ketika diberi pupuk. Juga pupuk yang terbuat dari bahan kimia, contohnya pupuk urea. Lalu apabila tumbuhan diserang hama, kita menggunakan pestisida atau insektisida yang terbuat dari bahan kimia.

Untuk konsumsi energi atau bahan bakar ilmu kimia juga sangat berperan seperti proses penyulingan pada minyak mentah menjadi BBM menggunakan proses kimia yang disebut proses distilasi bertingkat.

Dan masih banyak contoh-contoh yang lainnya.
1 5 1