Jawabanmu

2014-09-03T09:09:55+07:00
sejarah itu diakronis(k) maksudnya me­manjang dalam waktu sedangkan ilmu sosial itu sinkronis(k) (menekankan struktur) artinya ilmu sosial meluas dalam ruang. Melalui pendekatan diakronis(k) sejarah mementingkan proses, sejarah akan membicarakan satu peristiwa tertentu dengan tempat tertentu.
sorry tadi kalimat pertanyaanku kurang. harusnya cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa peristiwa bersejarah
2014-09-03T09:14:48+07:00
Pengertian diakronis dan sinkronis
Menurut Galtung, sejarah adalah ilmu diakronis berasal dari kata diachronich; ( dia dalam bahasa latin artinya melalui/ melampaui dan chronicus artinya waktu ). Diakronis artinya memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang. Sinkronis artinya meluas dalam ruang tetapi terbatas dalam waktu.
Cara berfikir kronologis diakronis dalam mempelajari sejarah
KronologiKronologi adalah catatan kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya. Kronologi dalam peristiwa sejarah dapat membantu merekonstruksi kembali suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu secara tepat, selain itu dapat juga membantu untuk membandingkan kejadian sejarah dalam waktu yang sama di tempat berbeda yang terkait peristiwanya.
Cara berfikir diakronik dalam mempelajari sejarah
Sejarah itu diakronis maksudnya me­manjang dalam waktu, sedangkan ilmu-ilmu sosial itu sinkronis maksudnya melebar dalam ruang. Sejarah mementingkan proses, sejarah akan membicarakan satu peristiwa tertentu dengan tempat tertentu, dari waktu A sampai waktu B. Sejarah berupaya melihat segala sesuatu dari sudut rentang waktu. Pendekatan diakronis adalah salah satu yang menganalisis evolusi/perubahan sesuatu dari waktu ke waktu, yang memungkinkan seseorang untuk menilai bagaimana bahwa sesuatu perubahan itu terjadisepanjang masa. Sejarawan akan menggunakan pendekatan ini untuk menganalisis dampak perubahan variabel pada sesuatu, sehingga memungkinkan sejarawan untuk mendalilkan MENGAPA keadaan tertentu lahir dari keadaan sebelumnya atau MENGAPA keadaan tertentu berkembang / berkelanjutan.Contoh:Perkembangan Sarekat Islam di Solo, 1911-1920Terjadinya Perang Diponegaro, 1925-1930;Revolusi Fisik di Indonesia, 1945-1949;Gerakan Zionisme 1897-1948 dan sebagainya.  R      N    O    L    O    G    ICara berfikir sinkronik dalam mempelajari sejarah