Jawabanmu

2016-09-03T02:01:16+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Bukti-bukti bahwa dulu sebelum zaman es berakhir, Pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan pernah bersatu dengan daratan benua Asia:

1. Flora dan fauna di ketiga pulau tersebut memiliki kesamaan dengan daratan Asia. Harimau, gajah, tapir, kerbau, babi, badak, dan berbagai unggas yg hidup di Asia daratan banyak yg memiliki kerabat di ketiga pulau ini.
2. 
Laut dangkal di antara Sumatera, Jawa, dan Kalimantan ialah perairan muda yg baru mulai terbentuk kala berakhirnya Zaman Es terakhir. Inilah yg menyebabkan mengapa ada banyak kemiripan jenis tumbuhan & hewan di antara ketiga pulau besar tersebut.
3. 
Endapan batu bara di wilayah Sumatera & Kalimantan memberi indikasi pernah adanya hutan dari masa Paleozoikum.
4. Ditemukannya fosil-fosil hewan laut diwilayah ketiga pulau tersebut yang mirip dengan fosil hewan laut Asia. Juga ditemukannya fosil-fosil manusia purba di jawa mirip dengan manusia purba dari asia.
5. Ditetapkannya konsep garis Wallace sebagai garis yang memetakan fauna dan flora yang ditemukan di pulau sumatera, jawa, dan kalimantan mirip dengan fauna dan flora asia.
1 5 1