Jawabanmu

2014-09-03T09:37:49+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.Sebagai sarana (alat) untuk pemastian informasi-informasi yang terjadi, terutama terkait dengan kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan proses kimia, mikrobiologi, ataupun proses fisika.
2. Sebagai contoh, pernyataan dalam ilmu pengetahuan alam mengenai massa jenis alcohol 0,80 gram/cm3. Untuk memastikan informasi tersebut, dalam laboratorium fisika ada percobaan Pipe-Hore yang gunanya untuk menentukan massa jenis zat cair.

3.Sebagai sarana (alat) untuk menentukan hubungan sebab akibat. Melalui percobaan kita dapat mengetahui hubungan sebab akibat, contohnya perubahan tekanan udara, menyebabkan perubahan titik didik air. Titik didih air sangat dipengaruhi oleh tekanan udara. semakin besar tekanan udara, semakin tinggi titik didih air, sebaliknya semakin kecil tekanan udara, semakin kecil pula titik didih air.
3.Sebagai sarana (alat) untuk pembuktian factor-faktor tertentu. Suatu fenomena dapat dijadikan suatu hokum atau dalil, apabila sudah dibuktikan kebenarannya. Pembuktian ini melalui tahapan tertentu yang sesuai dengan kaidah metode ilmiah
4..Sebagai sarana (alat) untuk mempraktekkan sesuatu yang sudah diketahui. Misalnya adalah mencari panas jenis suatu benda yang memang sudah diketahui
5..Sebagai sarana (alat) untuk mengembangkan ketrampilan. Dengan memperbanyak percobaan, seseorang dapat menjadi terampil dalam menggunakan alat-alat. Misalnya terampil dalam menggunakan intrumen titrasi, menggunakan thermometer, menggunakan mikroskop, dan lain-lain.
6. Sebagai sarana (alat) dalam memberikan latihan-latihan. Kegiatan menggunakan alat-alat semisal tabung reaksi, titrasi, pembuatan reagen kimia, ataupun proses standarisasi larutan perlunya latihan. Ketrampilan dalam penggunaan alat-alat dan cara kerja akan menghindari kesalahan saat dilakukan praktikum yang sebenarnya
7.Sebagai sarana (alat) untuk membantu belajar memahami metode ilmiah dalam memecahkan masalah-masalah yang terjadi. Teori yang disertai dengan praktikum merupakan salah satu pemecahan masalah secara ilmiah.Sebagai sarana (alat) dalam m
8.elakukan penelitian perorangan. Fungsi-fungsi diatas merupakan fungsi laboratorium secara umum, yang mana teori yang kita peroleh membutuhkan pembuktian secara ilmiah. Laboratorium digunakan sebagai sarana untuk pembuktian itu dalam skala yang telah disesuaikan. Sebab pengujian yang dilakukan merupakan contoh atau sampel yang mewakili produk atau objek yang diuji.