Terjemahkan!
Assalamu’alaikum
Alia,

It was very interesting to read your
letter about yourself and your hometown. I would really like to be your pen
friend.


I’m
a sixteen-year-old school student from johor bahru in Malaysia. Actually I attend an Islamic boarding school just
outside the city but my family live in Kuala Lumpur. My eldest sister is a
medical doctor. She will get married soon. My younger brother is an elementary
school student in KL but he often writes to me via email.


My
favorite subjects are social sciences. I like history very much, it helps me
know more how different countries existed in the past. At school we are
supposed to use English at all times, even when we are in the dormitory, so we
have become quite fluent although sometimes we slip back into malay. Which is
our mother tongue.


As
for hobbies, I’m really into songs
and music. My favorite singer is Yusuf
Islam whose former name was Cat Steven. He’s so cool! Another singer I
like is Maher Zain with his religious songs. My favorite Malay singer is of
course Siti Nurhaliza. I also like watching movie, especially comedies. The
actor I like best is Tom Cruise.


I’m really into books. I like reading novels and short
stories, mostly by Malay authors who you probably haven’t heard of. I like some
writers English, like JK Rowling and Indonesia writers too, like Andrea Hirata
and Ahmad Fuadi. My dream, when I’m older, is to be a writer of science fiction
books set in the distant future.


I’d
really love to come to Indonesia some day. I heard that it has the largest
number of Muslims of any country. A book
that I’ve just read mentions that there are some magnificent places to visit, such as, Bali, Sulawesi, Papua and
Borneo! What about you, do you want to visit my country? Wassalam, Saidah

2

Jawabanmu

2014-09-03T05:14:56+07:00
Assalamualikum
Alia,
Ini sangat menarik untuk membaca sebuah Surat darimu tentang kamu Dan juga tempat tinggalmu. Aku sangat suka menjadi sahabat penamu.
Aku berumur 16th aku murid swkolah dari Johor Bahru, Malaysia. Sebenarnya aku datang dari pondok pesantren diluar kota tetapi keluargaku tinggal di Kuala Lumpur. Kakak perempuanku yang pertama menjadi dokter, dia akan segera menikah. Adik laki2 Ku masih SD di KL, dia seringkali menulis email untukku.
PelajarN favoritku adalah ilmu sosial. Aku suka sekali dengan sejarah, INI sangat membantuku. Tahu lebih banyak tentang bagaimana perbedaan negara yang maju pada zaman dulu. Disekolah, kita diharapkan untuk menggunakan bahasa inggris setiap hari, saat Kita berada di asrama. Sehingga kita menjadi fasih lwalaupun seriap waktu kita  sedikit terpeleset Dengan Bahasa Malay, yang mana itu adalah Bahasa ibu.
Aku sang at suka mendengarkan music. Penyanyi favoriteku adalah Yusuf Islam yang dulu pernah bernama Cat Seven. Dia sangat keren!! Penyanyi lainnya aku suka Maher Zain Dengan lagunya yang Islamic. Penyanyi favoriteku Dari Malay tentu saja Siti Nurhaliza. Aku juga suka menonton film, khususnya komedi. Aktor terbaik favoriteku  yaitu Tom cruise.
Aku sangat suka buku2. ku suka lambada novel Dan cerpwn, sebagian besar penukis Malaysia yang mana many sensiri bwlum permanent dengar. Aku suka beberapa penulis inggris, Jk Rowling dan penulis Dari Indonesia sprti Andrea Hirata Dan Ahmad Fuadi. Mimpiku ketika muda adalah menjadi penulis buku fiksi.
Aku sangat ingin datang ke Indonesia suatu hari nanti, aku dengar  Indonesia adalah Negara Islam teerbesar Dari banyak Negara.
 Dibuku yang pernah akubaca mwenyebutkan bahwa disana banyak tempat2 bagus untuk dikunjungi seperti Bali, Sulawesi, Papua Dan Borneo!! APA ceritamu? Apakah kmu ingin mengunjungi rumahku?
Wassalam
Saidah
3 4 3
Jawaban paling cerdas!
2014-09-03T05:28:29+07:00
Assalamu'alaikum
Alia,

Itu sangat menarik untuk dibaca Anda
surat tentang diri Anda dan kota Anda. Aku benar-benar ingin menjadi pena Anda
teman.

aku
seorang siswa sekolah enam belas tahun dari bahru johor di Malaysia. Sebenarnya saya menghadiri sebuah pesantren hanya
di luar kota tapi keluarga saya tinggal di Kuala Lumpur. Kakak tertua saya adalah
dokter. Dia akan segera menikah. Adik saya adalah SD
siswa sekolah di KL tapi ia sering menulis kepada saya melalui email.

saya
pelajaran favorit adalah ilmu-ilmu sosial. Saya suka sejarah yang sangat banyak, itu membantu saya
tahu lebih banyak bagaimana negara-negara yang berbeda ada di masa lalu. Di sekolah kami
seharusnya menggunakan bahasa Inggris setiap saat, bahkan ketika kita berada di asrama, jadi kami
telah menjadi sangat fasih meskipun kadang-kadang kita menyelinap kembali ke malay. yang
bahasa ibu kami.

sebagai
untuk hobi, aku benar-benar menjadi lagu
dan musik. Penyanyi favorit saya adalah Yusuf
Islam yang namanya mantan adalah Cat Steven. Dia begitu dingin! Lain penyanyi I
seperti ini Maher Zain dengan lagu-lagu religius. Penyanyi Melayu favorit saya adalah dari
Tentu saja Siti Nurhaliza. Saya juga suka menonton film, khususnya film-film komedi. The
aktor yang saya sukai adalah Tom Cruise.

Aku benar-benar menjadi buku. Saya suka membaca novel dan pendek
cerita, kebanyakan oleh penulis Melayu yang Anda mungkin belum pernah mendengar tentang. Saya suka beberapa
penulis Inggris, seperti JK Rowling dan Indonesia penulis juga, seperti Andrea Hirata
dan Ahmad Fuadi. Mimpi saya, ketika saya tua, adalah menjadi seorang penulis fiksi ilmiah
buku diatur di masa depan yang jauh.

saya lebih
benar-benar senang untuk datang ke Indonesia beberapa hari. Saya mendengar bahwa ia memiliki terbesar
jumlah umat Islam dari negara manapun. Sebuah buku
bahwa saya baru saja membaca menyebutkan bahwa ada beberapa tempat yang indah untuk dikunjungi, seperti, Bali, Sulawesi, Papua dan
Borneo! Bagaimana dengan Anda, apakah Anda ingin mengunjungi negara saya? Wassalam, Saidah

2 4 2