Jawabanmu

2013-12-31T20:45:26+07:00
Telapak tangan terbuka
dgn ibu jari membentuk sudut siku siku dgn arah ke 4 jari
arah 4 jari = B
arah ibu jari = arus
arah telapak tangan adalah gaya lorentz
:)
Jawaban paling cerdas!
2013-12-31T20:51:40+07:00
V dan I (beda potensial dan arus) letakan pada ibu jari

B(medan magnet) letakan pada arah dari keempat jari

F (gaya) letakkan pada telapak tangan untuk F bernilai +

untuk F bernilai negatif letakan F di punggung tangan yang biasa untuk mencium tangan ortu dan guru

Setelah itu tinggal mengarahkan arah, misal diketahui di soal B ke utara dan I kebawah maka F untuk + ke mana arahnya ? tebak coba.

Yap, bener ke arah timur.

Untuk yg lain ikuti metode yang ada.
kalau umumnya yang ditanya itu gaya lorentz positif atau yang negatif? aku bingung soal di buku. mohon bantuanya ya :)