Jawabanmu

2014-02-23T20:12:05+07:00
Kaltim Bangun 103 Desa Mandiri Pangan teknologi tepat guna
Samarinda (ANTARA News - Kaltim) - Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) setempat akan membangun 103 desa mandiri pangan (Demapan) pada 2013 sehingga wilayah itu tidak lagi tergantung pangan dari daerah lain.

"Saat ini masih ada sejumlah desa yang rawan pangan, padahal lahan di sekitarnya bisa dimanfaatkan. Karena itu kami terus mendorong warga agar memanfaatkan lahan untuk ditanami berbagai jenis pangan," kata Kepala BKP Syaiful Akhyar di Samarinda, Selasa.

Akyar yang didampingi sekretarisnya Mukransyah itu melanjutkan, pada 2010 telah dibangun sedikitnya terdapat 30 desa dari sembilan kabupaten di Kaltim tercatat masih rawan pangan.

Berdasarkan kenyataan itulah sehingga menjadi alasan bagi Pemprov Kaltim terus melaksanakan gerakan kemandirian pangan yang diperkirakan terwujud 102 Demapan pada 2013.

Desa-desa yang masih rawan pangan itu tersebar di sembilan daerah yang kini masuk dalam program strategis, yakni, Kabupaten Paser, Bulungan, Berau, Nunukan, Kutai Barat, Kutai Timur, Panajam Paser Utara, dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Bahkan di pinggiran Kota Samarinda juga terdapat kawasan yang rawan pangan, sehingga program Demapan harus benar-benar dijalankan dan tercapai sesuai dengan yang diinginkan.

Pengembangan program ini untuk menciptakan kemampuan mengakses pangan, bukan hanya kemampuan daya beli masyarakat, namun bagaimana masyarakat bisa memproduksi pangan lewat penanaman di lahan yang tersedia sekecil apapun.

Kegiatan lainnya adalah, penguatan dan pemberdayaan kelompok masyarakat, kelompok tani, tim pangan desa, optimalisasi pemanfaatan potensi atau sumber daya setempat.

 Pengembangan selanjutnya akan dititik beratkan pada usaha pertanian dan non pertanian, penerapan teknologi tepat guna atau spesifik lokasi dan  pengembangan cadangan pangan desa.

Pihaknya juga akan melakukan penyuluhan kepada masyarakat terutama di desa rawan pangan, agar memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami berbagai jenis bahan pangan, seperti jagung, singkong, pisang dan lainnya, karena bahan pangan bukan hanya beras.

Di sisi lain, BKP juga melakukan pembinaan terhadap Demapan atau desa reflikasi yang dilakukan dalam empat tahap selama empat tahun, yakni tahap persiapan, penumbuhan, pengembangan dan tahap kemandirian.

1 1 1