Jawabanmu

2014-09-02T19:36:19+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Dongeng terdapat unsur-unsur penting yang meliputi alur, tokoh, latar, dan tema. Dongeng yang bermutu memiliki perkembangan yang memadai pada keempat unsur tersebut. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut : Alur adalah konstruksi mengenai sebuah deretan peristiwa secara logis dan kronologis saling berkaitan yang dialami oleh pelaku.Tokoh adalah individu rekaan yang mengalami berbagai peristiwa di dalam dongeng.Latar adalah unsur cerita yang menunjukkan dimana dan kapan kejadian-kejadian di dalam dongeng.Tema adalah makna yang terkandung di dalam sebuah dongeng. Keempat unsur penting diatas merupakan kunci ketertarikan audience pada suatu dongeng B. Jenis-jenis Dongeng
Dalam dunia men-dongeng, terbagi dalam 6 jenis dongeng yang tergantung dari isinya:
1. Dongeng yang lucu
“Menimbulkan tertawa” jadi dongeng yang lucu adalah cerita yang berisikan kejadian lucu yang terjadi pada masa lalu. Cerita dalam dongeng lucu dibuat untuk menyenangkan atau membuat tertawa pendengar atau pembaca.
2. Fabel
Cerita pendek berupa dongeng, mengambarkan watak dan budi manusia yang diibaratkan pada binatang. Fabel digunakan untuk pendidikan moral, dan kebanyakan fabel menggunakan tokoh-tokoh binatang, namun tidak selalu demikian. Disamping fabel menggunakan tokoh binatang ada yang menggunakan benda mati.
Jadi fabel merupakan cerita pendek atau dongeng yang memberikan pendidikan moral yang menggunakan binatang sebagai tokohnya.
3. Parabel
Cerita pendek yang berupa dongeng dengan menggambarkan seseorang atau tokoh yang berupa khayalan dengan dengan tabiat tertentu dan hasil dari tabiat tersebut. Intinya cerita rekaan untuk menyampaikan ajaran agama, moral, atau kebenaran umum dengan menggunakan perbandingan atau ibarat.
Misal: Petani yang baik hati.
4. Legenda
“Cerita dari zaman dahulu yang bertalian dengan peristiwa-peristiwa sejarah”. Menurut sarikata Bahasa Indonesia (2007: 21) legenda adalah: Cerita yang isinya tentang asal-usul suatu daerah.
Legenda baik sekali digunakan untuk pendidikan di kelas-kelas rendah Sekolah Dasar untuk mengajarkan konsep-konsep.
Jadi legenda merupakan cerita dari zaman dahulu yang merupakan kejadian-kejadian yang berhubungan dengan suatu tempat atau peristiwa yang baik digunakan dalam pendidikan dasar.
5. Sage
“Cerita yang mendasar peristiwa sejarah yang telah bercampur dengan fantasi rakyat”, sedangkan menurut sari kata Bahasa Indonesia (2007: 20) sage yaitu dongeng yang mengandung unsur sejarah.
Jadi dapat disimpulkan bahwa sage merupakan cerita dongeng yang berhubungan dengan peristiwa atau sejarah.
6. Mite
“Cerita yang berhubungan dengan kepercayaan masyarakat yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya”.
Sedangkan menurut Sarikata Bahasa Indonesia (2007: 20) mite didefinisikan sebagai: dongeng yang berhubungan dengan kepercayaan masyarakat.
Jadi mite merupakan cerita tentang kepercayaan suatu masyarakat yang diyakini oleh masyarakat tetapi tidak dapat dibuktikan kebenarannya
Mungkin anda heran mengapa dongeng dijadikan sebagai metode pembelajaran?
Dari latar belakang yang diuraikan diketahui bahwa kelas yang menjadi subjek penelitian adalah kelas I dimana kemampuan bicara siswa masih dalam taraf perkembangan. Oleh karena itu, Brama selaku peneliti tertarik untuk menerapkan dongeng sebagai metode pembelajaran, karena peneliti berasumsi bahwa dengan dongeng kemampuan bicara siswa akan meningkat.
Asumsi tersebut tentunya bukan hanya prediksi belaka namun dikuatkan oleh pandangan Abdul Aziz Abdul Majid (dalam Eka Ratnawati 2010: 4) yang mengatakan bahwa dongeng dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak.
Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan fabel atau dongeng binatang. Adapun alasannya menggunakan fabel dalam pembelajaran adalah:
Tokoh-tokoh dalam dongeng yang berupa binatang sangat menarik bagi anak;Lewat tokoh binatang dapat memberikan pendidikan anak;Anak akan memiliki rasa sayang pada binatang;Setelah besar anak akan memiliki kesadaran untuk menjaga dan melestarikan alam lingkungannya, khususnya alam fauna;Anak menyenangi hal-hal yang fantastik/ ajaib misalnya binatang yang bertingkahlaku mirip manusia.


9 3 9
2014-09-02T19:42:46+07:00
Dongeng hewan , dongeng alam, dongeng manusia,dongeng fantasi/kartun 

dongeng hewan: dongeng yang menceritakan tentang hewan contoh'y "Si Kancil dan seekor buaya"

dongeng alam: dongeng yang menceritakan keaadaan alam dan sekitarnya contoh'y "Lingkungan alam sekitarku'

dongeng manusia : dongeng yg menceritakan keadaan,aktifitas manusia "Jatuh dari sepeda"

dongeng fantasi:dongeng yg menceritakan dunia fantasi contoh"y "Mimpi ke dunia fantasi"
9 4 9