dik: ³²₁₆S,⁴⁰₂₀Ca,⁷⁵₃₃As,¹¹²₅₀Sn,¹²⁷₅₃i,¹⁹⁷₇₉Au
susunlah berdasarkan bertambahnya:
a.jari-jari atom
b.energi ionisasi
c.keelektronegatifan

1
gk ada yg bisa jawab ya :(
ane bisa, sabar ya
ok saya tunggu ya bg
gk bisa ya bg?

Jawabanmu

2014-02-23T17:57:35+07:00
³²₁₆S,⁴⁰₂₀Ca,⁷⁵₃₃As,¹¹²₅₀Sn,¹²⁷₅₃i,¹⁹⁷₇₉Au
Berdasarkan Tabel Periodik
a. jari-jari atom
- semakin banyak kulit yang dimiliki suatu atom, semakin besar pula jari-jari atom tersebut. (peningkatan perioda ==> jari² atom semakin besar)
- semakin banyak elektron valensi yang dimiliki suatu atom, semakin kecil jari-jarinya, karena semakin banyak elektron semakin kuat tarikan antara pusat dan elektron valensinya. (peningkatan golongan ==> jari² atom semakin kecil.
 ³²₁₆S < ⁷⁵₃₃As < ⁴⁰₂₀Ca < ¹²⁷₅₃I < ¹¹²₅₀Sn < ¹⁹⁷₇₉Au

b. energi ionisasi
- semakin banyak kulit yang dimiliki suatu atom, semakin kecil energi ionisasi yang dibutuhkan karena semakin mudah melepaskan elektron. (semakin ke bawah ===> energi ionisasi semakin kecil)
- Semakin banyak suatu atom memiliki elektron valensi, semakin besar energi ionisasi yang diperlukan karena semakin sulit melepaskan elektronnya (semakin ke kanan ==> semakin besar energi ionisasinya)
¹⁹⁷₇₉Au < ¹¹²₅₀Sn < ¹²⁷₅₃I < ⁴⁰₂₀Ca <  ⁷⁵₃₃As <  ³²₁₆S

c. Keelektronegatifan 
- semakin banyak kulit yang dimiliki suatu atom, semakin kecil keelektronegatifannya, karena sulit sekali menarik elektron dari luar (semakin ke bawah ==> semakin kecil keelektronegatifannya)
- semakin banyak elektron valensi yang dimiliki suatu atom, maka keelektronegatifannya semakin besar, karena mudah sekali menarik elektron dari luar. (semakin ke kanan ==>  keelektronegatifan semakin besar
¹⁹⁷₇₉Au < ¹¹²₅₀Sn < ¹²⁷₅₃I < ⁴⁰₂₀Ca <  ⁷⁵₃₃As <  ³²₁₆S

Semoga Membantu!!