Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-02T19:10:26+07:00
Logaritma adalah sebuah operasi matematika yang merupakan kebalikan (invers) dari eksponen atau pemangkatan. Secara umum, logartima ditulis sebagai berikut:                                                   dengan  a disebut bilangan pokok logaritma atau Basisb disebut bilangan yang dilogaritmakanc disebut hasil logaritmaUntuk basis atau bilangan pokok 10 boleh tidak ditulisIngat ==> alog x dibaca”logaritma x dengan basis a Bentuk logaritma dapat dinyatakan dalam bentuk pangkat dan sebaliknya, bentuk pangkat dapat dinyatakan dalam bentuk logaritma.


Misalnya:
2 5 2
2014-09-02T19:10:28+07:00
Sifat-sifat logaritma :
1. plog ( ab ) = plog a + plog b
2. alog an = n
3. plog (a/b) = plog a – plog b
4. plog 1 = 0
5. plog an = n . alog a
6. plog a . alog q = plog q
7. pnlog am = m/n plog a
8. plog p = 1
9. Pplog a = a
Bila bilangan pokok suatu logaritma tidak diberikan, maka maksudnya logaritma tersebut berbilangan pokok = 10.
[log 7 maksudnya 10log 7 ] lognx adalah cara penulisan untuk (logx)n
Bedakan dengan log xn = n log xContoh soal :
Jika 3log 4 = p dan 2log 5 = q maka nilai untuk 3log 5 ?
2log 5 =
22log 52 =
2 . 4log 5 =
4log 5 =

q
q
q
1/2 q
3log 4 . 4log 5 = 3log 5
maka 3log 5 = 1/2 (pq)

1 5 1