Jawabanmu

2014-09-02T19:00:35+07:00
1.Saat sungai baru terbentuk, saluran sungai pada tempat-tempat tertentu akan mengalami penyempitan dan erosi. Khususnya pada jalur yang memiliki lapisan tanah yang keras, maka akan terjadi resistensi. Kemudian erosi akan terjadi dan bergerak secara perlahan
2.Akibat erosi tersebut, peningkatan kecepatan air di tepi sungai bergerak bersama berbagai materi yang dibawanya dari palung sungai. Aliran air sungai tersebut juga membentuk pusaran air yang semakin memperbesar kapasitas erosinya.
3.Kejadian di atas yang berlangsung secara terus-menerus akan menyebabkan meningkatnya kecepatan air sungai dan membentuk arus yeng lebih cepat ke arah dasar sungai. Akibatnya, tanah yang tergerus erosi akan membentuk ngarai atau jurang pada tempat-tempat tertentu. Semakin lama, jurang tersebut semakin dalam dan terbentuklah air terjun.
4.Semakin tinggi tebing yang dilalui air sungai, semakin kuat pula tekanan yang dihasilkan air terhadap dasar tebing tersebut. Akibatnya, semakin cepat pula peningkatan tebing air terjun tersebut.
1 3 1