Jawabanmu

2014-09-02T18:30:07+07:00
Bumi termasuk planet hangat karena adanya sinar matahari dan oksigen yang memberi kehidupan. Hal itu juga yang membuat Bumi memiliki suhu bervariasi, panas dan dingin. Lalu berapakah suhu paling rendah yang ada di Bumi? Di mana lokasinya?

Baru-baru ini satelit NASA memetakan suhu paling rendah terbaru yang ditemukan di muka bumi. Letaknya ada di sebelah timur Antartika dengan temperatur -94,7 derajat Celsius. Rekor sebelumnya yang pernah tercatat adalah -89,2 derajat Celsius.

Suhu -94,7 derajat Celsius tersebut terjadi pada Agustus 2010. Namun turun sedikit pada 31 Juli tahun ini di angka -92,9 Celcius. "Ini seperti kamu melihat Mars saat musim panas di kutub. Saya yakin ini adalah tempat paling dingin di Bumi," ucap Ted Scambos dari National Snow and Ice Data Centre di pertemuan ilmuwan, San Francisco.

Namun Ted menyayangkan tidak bisa memasukkan suhu tersebut pada Guinness Book of World Records. Pasalnya, catatan suhu itu dibuat oleh satelit, bukan dari ukuran termometer. "Syukurlah saya tidak tahu bagaimana rasanya (berada di suhu tersebut)," lanjut Ted.

Meski belum bisa mengukur secara langsung bagian -94,7 Celcius namun ilmuwan secara rutin melakukannya di tempat lain. Beberapa ilmuwan bertelanjang diri di kutub selatan yang bersuhu -73 Celsius dan membuktikan manusia bisa bertahan 3 menit dalam temperatur tersebut