Jawabanmu

2014-09-02T20:03:30+07:00
Selalu memelihara sifat-sifat porositas tanah dengan baik, supaya tanah dapat berpori terus dan udara dapat dengan mudah untuk masuk. Sedangkan tanah juga perlu digemburkan yaitu dengan membajak atau mencangkul secara teratur agar tanah selalu subur.

-    Selalu memelihara kehidupan mikroba tanah yang berguna, supaya kesuburan tanah dapat terpelihara dan mencegah tanah dari pencemaran.
-    Dengan mempercepat proses pelapukan dalam tanah. Sedangkan semua itu dapat dilakukan dengan cara menimbun daun-daun yang rontok atau ditebang dengan tanah.
-    Membuat bedengan atau gulutan yang digunakan untuk mengatur air, agar air dapat merembes ke tempat yang ditentukan.
-    Dengan mengatur jarak tanam yang tepat sesuai aturan yang telah ditentukan agar tanaman dapat memperoleh makanan, sinar matahari, dan air secara merata serta tidak tergenang pada tanaman satu saja tetapi menyebar ke seluruh tanaman.
-    Dengan penyiangan yang teratur, yang dapat dilakukan dengan mencabut tanaman pengganggu dan memberantas dengan menggunakan zat kimia atau herbisida.