Jawabanmu

2014-09-02T18:22:14+07:00
Topeng Cirebon , jogja, surakarta, bali, batak. bahan dari kayu dan ada juga dari kertas. teknik pembuatan: potong kayu, ukir, bentuk, haluskan, warnai dengan cat, lengkapi dengan bahan2 lain untuk asesoris eperti rambut dari ijuk, hiasan dari kain, dll 
1 3 1
2014-09-02T18:30:04+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Topeng Rumyang
Alat dan Bahan :
- Topeng polos tanah liat
- Kuas lukis Uk. Besar (9-10) untuk pewarnaan cat dasar
- Kuas lukis Uk. Kecil (2-4) untuk warna yang lebih detail
- Cat minyak (putih, hitam, merah, pink, biru,emas)
- Drawing pen Uk. 06 Snowman
- Cat Tembok putih
- Ampelas
- Manik-manik warna Merah dan Emas
Step by Step :
1). Topeng yang masih polos dengan permukaan yang tidak rata di ampelas hingga permukaan halus
2). Lalu, cat dengan cat tembok putih polos sebagai warna dasar. jangan langsung diwarnai dengan cat minyak ya :) 
3). tunggu sampai kurang lebih 15-30 menit langsung kering karena menggunakan cat tembok, tapi waktu pengeringan untuk cat minyak sedikit lebih lama loh, malah sangat lama (maklum, saat ini musim hujan dan jarang ada sinar matahari wkwkwk)
4). kalau udah kering beginih, bisa langsung di cat warna ping muda untuk bagian wajahnya saja ya
5). lalu dilajutkan, kita cat juga bagian kepala atas yang dijadikan hiasan. biar warnanya lebih bling - bling kita pakai warna emas dan hitam. kalau bisa diukir juga untuk lebih mempercantik topengnya
6). karena ukiran yang dicetak tidak rata dan tidak harmonis, maka kita harus kerjain sendiri dan mengukir sendiri menggunakan cat emas. oh iya gunakan kuas yang kecil ya agar lebih detail warnanya.
7). sekarang waktunya menggunakan drawing pen untuk mengukir mulut, alis, dan ukiran agar lebih detail. bikin mulutnya dengan warna merah terlebih dahulu.
kita perjelas lagi menggunakan drawing pen.
8). selanjutnya tinggal kita hias wajah topeng Rumyang ini sesuai mungkin dengan karakter aslinya. sudah saya coba sebisa mungkin
untuk bagian atasnya saya dekorasi sendiri hehehe :D
9). dan tahap terakhir, kita bikin anting dari manik - manik berwarna merah dan emas, kita juga butuh benang jahit berwarna merah.
kita ronce manik - manik tersebut. selesai