Jawabanmu

2014-09-02T18:15:10+07:00
- pertama, definisi umum . jelaskan secara detail tentang temanya.
- kedua, deskribsi bagian. jelaskan isi dari temanya.
- ketiga, deskribsi manfaat . jelaskan manfaat tema yang kamu buat.

2014-09-02T18:22:05+07:00
Cari informasi sebanyak-banyaknya dari kepustakaan tentang aspek yang ingin diobservasi (bisa dilihat/diambil dari Kajian Teori/Kajian Pustaka pada proposal penelitian. Pilah-pilih informasi ensensial/penting, berdasarkan data yang harus dikumpulkan dalam penelitian melalui observasi. Buat lembar observasi dengan mengacu pada informasi penting tadi, sehingga data yang akan direkam oleh lembar observasi yang dikembangkan tersebut sesuai dengan data yang dibutuhkan, dan relevan dengan tujuan penelitian  Di dalam mengamati/mengobservasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya: 

1. Siapa yang diamati
Pengamatan dilakukan dengan memperhatikan rentangan usia anak usia dini.
 
2. Objek/Perubahan tingkah laku apa yang diamati
Pengamatan dilakukan sesuai dengan sasaran/ruang lingkup evaluasi, yakni sesuai dengan aspek perkembangan anak usia dini.

3. Bagaimana mengamati
Pengamatan dilakukan dengan memperhatikan tatacara yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak usia dini. Melalui tatacara yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak usia dini diharapkan hasil pengamatan merupakan data yang sebenarnya (faktual).

4. Alat apa yang digunakan untuk mengamati
Alat-alat yang dapat digunakan untuk melakukan pengamatan adalah format pengamatan terbuka, daftar ceklis (checklist), dan catatan anekdot (anecdotal record). Format pengamatan terbuka merupakan format yang digunakan pengamat (pendidik usia dini) dengan cara menuliskan hal-hal yang teramati secara alamiah. Daftar ceklis (checklist) digunakan untuk mengamati kejadian dengan cara memberikan cek pada aspek-aspek yang diamati.
Catatan anekdot (anecdotal record) digunakan untuk mengamati secara teliti apa dan bagaimana suatu kejadian berlangsung. Catatan anekdot (anecdotal record) merupakan catatan seketika yang berisi peristiwa atau kenyataan yang spesifik dan menarik mengenai sesuatu yang diamati atau yang terlihat secara kebetulan.

5. Dimana pengamatan dilakukan
Pengamatan dilakukan dimana anak usia dini melakukan kegiatan. Hal ini dimaksudkan agar pendidik melakukan evaluasi perkembangan anak usia dini secara komprehensif.
 
6. Kapan dan  berapa lama mengamati
Pengamatan dilakukan ketika anak usia dini melakukan kegiatan. Dengan demikian, pengamatan dilakukan selama anak usia dini melakukan kegiatan.

7. Bagaimana mendokumentasikan hasil pengamatan
Selesai pengamatan, pendidik harus memberikan interpretasi terhadap hasil pengamatannya. Untuk itu, pendidik harus mampu membuat rekapitulasi hasil pengamatan yang akan dijadikan sebagai bahan dalam memberikan keputusan tentang perkembangan anak usia dini.

8. Bagaimana menggunakan informasi yang diperoleh
Pengamatan dilakukan sesuai tujuan evaluasi. Untuk itu, pendidik harus mampu menggunakan data hasil pengamatan sebagai bahan dalam melaksanakan evaluasi perkembangan anak usia dini yang komprehensif.