Jawabanmu

2014-02-23T11:15:00+07:00
A. dinitrogen pentaoksida b. fosfor triklorida c. sulfur heksa klorida d. nitrogen triklorida
Jawaban paling cerdas!
2014-02-23T11:27:13+07:00
Untuk memberikan Tatanama sebuah senyawa ion atau kovalen memiliki bebeparap aturan.
1. senyawa ionik tidak perlu menambahkan kata di-, tri-, heksa- , atau simbol jumlah yang lainnya, malainkan hanya ditambahkan kata -ida dibelakang nama senyawa:
Contoh 
Mg(OH)₂ = Magnesium Hidroksida bukan Magnesium DiHiroksida
MgCl₂     = Magnesium Clourida   bukan Magnesium DiClorida
2. Senyawa Kovalen perlu ditambah kata-kata di-,tri-, heksa- dan yang lainnya sebagai identitas jumlah suatu atom/ bahkan memiliki nama IUPAC Sendiri
contoh :
NH₃ = Amonia
SF₆ = Sulfur HeksaFluorida

jadi jawaban :
a. N₂O₃ (Dinitrogen Penta-Oksida) =====> Kovalen
b. PCl₃ (Phospor Tri-Cloride) ======> Kovalen
c. SF₆ (Sulfur Heksa-Fluorida) ======> Kovalen
d. NCl₃ (Nitrogen Tri-Clorida ) =======> Kovalen

Semoga Membantu!!
1 5 1