Dalam menulis cerpen, ide merupakan masalah yang bersumber dari peristiwaataupun benda. Masalah dalam cerpen dipecahkan dengan logika fantasidan imajinasi. Cerpen mempunyai ruang yang luas untuk mengembangkanimajinasi dan fantasi dalam memecahkan persoalan sebagai sumber ide cerpen.Setelah kalian membaca cerpen “Perihal Orang Miskin yang Bahagia”, cobalahkalian ceritakan bagaimana kira-kira Agus Noor sebagai pengarang melakukanpencarian ide terhadap karyanya itu. Kalian bisa memulainya dari masalah yangdiangkat pengarang. Masalah sebagai sumber ide dalam menulis cerpen adalahketertarikan pengarang pada fenomena atau benda yang membangkitkan rasaingin menulis.

Tolong dibantu penting banget

1

Jawabanmu

2014-09-07T19:48:00+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kepekaan Agus Noor terhadap masalah sosial yaitu kemiskinan yang membangun rasa empati dalam diri pengarang, dengan rasa prihatin, respek, kasihan, dan tanggung jawab yang digambarkan dalam cerpen "Perihal Orang Miskin yang Bahagia". Dari cerpennya Agus Noor ingin membuka mata khalayak mengenai bagaimana nasib orang-orang yang terjerat dalam masalah kemiskinan. Setelah menemukan ide permasalahan maka selanjutnya pengarang melakukan pengendapan atau pengolahan ide dengan melakukan berbagai obsevasi dan riset. Dengan melakukan analisa dan pengumpulan informasi dari lingkungan sekitar untuk selanjutnya akan dituangkan dan ditafsirkan ke dalam sebuah kerangka cerita. Selain itu, seorang pengarang perlu melakukan pemikiran terhadap kelogisan jalan cerita dan jawaban dari permasalahan yang terdapat dalam cerpen. Selanjutnya mengembangkan kerangka cerita secara perlahan dengan penggunaan diksi yang tepat dan mampu memberi kesan kepada pembaca, hingga terbentuklah suatu cerpen yang berjudul "Perihal Orang Miskin yang Bahagia". Jika kita mengamati cerpen "Perihal Orang Miskin yang Bahagia" secara keseluruhan dan telah menemukan arti denotasi dari setiap bagian, kita dapat menemukan kelogisan dan analisis berpikir tingkat tinggi dari seorang Agus Noor. Oleh karena itu, dapat disimpulkan dalam cerpen ini untuk segi pemecahan masalah terkesan masuk akal atau logis.  



24 4 24
http://smansax1-edu.blogspot.com/2014/09/mengulas-ide-agus-noor-dalam.html