Yang jago SEJARAH SMA sini ! 37 point!!
1.

Bagaimana analisismu tentang politik dan kebijakan

Raffles, yang menjadikan Jawa terbagi dalam karesidenan-

karesidenan?
2.
Kemudian bagaimana penilaianmu tentang

sikap politik Raffles yang mendukung Najamuddin dan ikut

menurunkan Raja Baharuddin?


3. mengapa Raffles mendukung

Sultan Raja dan memecat Sultan Sepuh?
4.



politik apa yang

sedang dipraktikkan Raffles di Palembang dan Yogyakarta?.

Untuk apa politik itu dipraktikkan?





5.


Tahukah kamu
bagaimana kira-kira perbedaan dan persamaan

kebijakan antara
kedua tokoh Daendels dan Raffles, terutama

yang terkait dengan kebijakannya di bidang ekonomi ?





1

Jawabanmu

2014-09-04T20:28:36+07:00
1. Politik dan kebijkan Raffles ini sebeneranya untuk memperkuat kedudukannya dan mempertahankan keberlangsungan kekuasaan Raffles. Seperti ia mengambil strategi membina hubungan baik dengan para pangeran dan penguasa yang membenci Belanda. Hal ini guna mempercepat penguasaan Pulau Jawa sebagi basis kekuatan untuk menguasai Kepulauan Nusantara

15 3 15
hm kun maw tanya nich tentang ni soalnya kemudian bagai mana penilaianmu tentang sikap politik raffles yang mendukung naja muddin dan ikut menurunkan raja baharudin ?
Secara konseptual kebijakan yang diterapkan Raffles lebih mementingkan nasib rakyat kecil dibandingkan dengan kebijakan Daendels. Peraturan yang dikeluarkan banyak yang bertujuan untuk meringankan beban rakyat pedesaan meskipun dalam kenyataannya tidak semua kebijakan itu dapat dilaksakakan.
Mengapa raflflas mendukung sultan raja dan memecat sultan sepuh ? Jwb: karna semua harta benda milik sultAn sepuh selama menjabat sebagai sultan dirampas menjadi milik pemerintah inggris !
politik apa yang di praktikan raffles di palembang dan di yogyakarta ? politik kontrak, tujuannya yaitu untuk memperkuat kedudukan dan mempertahankan keberlangsungan kekuasaan inggris