Jawabanmu

2014-02-22T16:27:12+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
          CH3COOH + NaCH3COO 
              m.v              m.v   
mula2     5 mmol     10 mmol            -
reaksi     5 mmol      5 mmol       5 mmol
sisa          0             5 mmol         5 mmol

larutan tersebut bersifat penyangga asam lemah dan garam konjugasi basa
H   =  ka . asam/garam
     =  10^5 . 5 / 10
     =  5 x 10^-6
pH = - log 5 x 10^-6
     = 6 - log 5
   
Jawaban paling cerdas!
2014-02-22T21:46:31+07:00
hitunglah pH larutan yang di buat dengan mencampurkan 50 ml larutan CH3COOH 0,1 M dengan 50 ml larutan NaCH3COO 0,2 M. ( ka CH3COOH = 10^-5).

mol CH3COOH = 50 ml x 0,1 M = 5 mmol
mol CH3COONa = 50ml x 0,2 = 10 mmol

CH3COONa merupakan garam bervalensi 1


H+ = Ka x (mol asam lemah/ (mol garam x valensi))
= 10^-5 x (5/10x1)
= 10^-5 x 0,5
5 x 10^-6

pH = 6 - log 5


untuk jawaban crutudg sudah benar, saya hanya menambahkan saja :)
2 5 2