Jawabanmu

2014-02-22T16:11:37+07:00
Jawaban paling cerdas!
2014-02-22T21:41:16+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Maaf saya mengopi soal kamu, biar gampang bacanya :D
ke dalam 2 liter larutan asam asetat 0,2 M (ka= 10^-5) ditambahkan 8 gram NaOH .hitunglah ph larutan yang terjadi
 
cari
mol NaOH
= gram / Mr  = 8/40 = 0,2 mol
mol as. aseta
= V x M = 0,2 x 2 = 0,4 mol
buat reaksi pembatas
     CH3COOH  +  NaOH --> CH3COONa + H2O
M        0,4              0,2
R         0,2              0,2            0,2                0,2
S          0,2              -                0,2              0,2

sisa merupakan asam lemah, maka dari soal dapat disimpulkan bahwa larutan yang terbentyuk merupakan larutan penyangga asam.
valensi garam asam lemah (CH3COONa) = 1
cari konsentrasi ion hidorgen
H+ = Ka x (mol asam lemah sisa / (mol garam x valensi))
= 10^-5 x (0,2/0,2x1)
= 10^-5

maka
pH = - log H+ = - loh 10^-5 = 5


semoga bisa membantu :)
beri labelterbai jika perlu he he he
3 5 3