Jawabanmu

2014-09-01T20:24:38+07:00
Flora:
1. Flora Indonesia Bagian Barat
didominasi vegetasi hutan hujan tropis yang selalu basah. hal ini dikarenakan curah hujan dan kelembapan yang cukup tinggi. Jenis flora dikawasan ini memiliki kesamaan ciri dengan flora Benua Asia pada umumnya. Adapun flora tipe Asia (Asiatis) memiliki ciri2:
- memiliki berbagai jenis tumbuhan kayu yang berharga , misalnya jati, meranti, kruing, mahoni dll.

- selalu hijau sepanjang tahun.

- bersifat heterogen.

2. Flora Indonesia Bagian Tengah
Daerah peralihan meliputi wilayah Pulau Sulawesi & kepulauan disekitarnya serta kep.Nusa Tenggara. Jenis hutan disini hanyalah hutan semusim/ hutan homogen yang tdk begitu lebat, bahkan di kawasan Nusa Tenggara kita hanya akan menjumpai sabana & stepa. Sabana: padang rumput yang luas dengan tumbuhan kayu di sana-sini. Stepa: tanah kering yang yang hanya ditumbuhi semak belukar. jenis tumbuhan yang mendominasi di wilayah ini adalah jenis palma, cemara & pinus.


3. Flora Indonesia Bagian Timur
didominasi oleh hutan hujan tropis. tetepi jenis tumbuhannya berbeda dengan jenis tumbuhan di wilayah Indonesia Bagian Barat. Jenis flora di wilayah ini memiliki kesamaan dengan flora di kawasan Benua Australia, sehingga jenis floranya bersifat Australis. salah satunya adalah anggrek, jenis tumbuhan matoa khususnya di Papua, banyak terdapat tumbuhan sagu.


mf yg fauna ngga soalnya tangannya pegal ngetik:)
Jawaban paling cerdas!
2014-09-01T20:25:43+07:00
      Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan.
a. Flora di Indonesia Bagian Barat
Flora di wilayah Indonesia bagian Barat didominasi oleh vegetasi hutan hujan tropis yang selalu basah. Hal ini dikarenakan pada kawasan ini mempunyai curah hujan dan kelembapan yang cukup tinggi. Jenis-jenis flora di kawasan ini memiliki kesamaan ciri dengan flora di Benua Asia pada umumnya. Adapun flora tipe Asia (Asiatis) memiliki ciri-ciri, berikut ini.
1) Memiliki berbagai jenis tumbuhan kayu yang berharga, misalnya jati, meranti, kruing, mahoni, dan sejenisnya.
2) Selalu hijau sepanjang tahun.
3) Bersifat heterogen. Selain itu, di wilayah Indonesia bagian Barat juga terdapat tumbuhan endemik (hanya ada di daerah tersebut), yaitu Raflesia arnoldi di Sumatra. Wilayah Indonesia bagian Barat juga banyak dijumpai kawasan hutan mangrove (hutan bakau), antara lain di pantai Timur Sumatra, pantai Barat dan Selatan Kalimantan, serta pantai Barat dan Utara Jawa.
Pulau
Jenis Flora
Sumatera
pinus, kamper, meranti, kayu besi, kayu manis, beringin, dan raflesia
Jawa
jati meranti, mahoni, beringin, pinang, bunga anggrek, dan bugenvil
Kalimantan 
ramin, kamper, meranti, besi, jelutung, bakau, pinus, dan rotan

b . Flora di Indonesia Bagian Tengah
Daerah peralihan meliputi wilayah Pulau Sulawesi dan kepulauan di sekitarnya serta Kepulauan Nusa Tenggara. Di kawasan ini tidak kita jumpai adanya hutan yang lebat. Jenis hutan yang ada hanyalah hutan semusim atau hutan homogen yang tidak begitu lebat, bahkan di kawasan Nusa Tenggara kita hanya akan menjumpai adanya sabana dan stepa. Sabana adalah padang rumput yang luas dengan tumbuhan kayu di sana-sini, sedangkan stepa adalah tanah kering yang hanya ditumbuhi semak belukar. Kondisi ini terjadi karena di wilayah Nusa Tenggara memiliki curah hujan yang relatif lebih sedikit bila dibandingkan pulau-pulau lain di Indonesia. Jenis tumbuhan yang mendominasi di wilayah Indonesia bagian tengah, antara lain, jenis palma, cemara, dan pinus.
Pulau
Jenis Flora
Sulawesi
eboni, kayu besi, pinus, kayu hitam, rotan, dan beberapa jenis bunga anggrek
Nusa Tenggara
jati, sandelwood, akasia, cendana, dan beberapa jenis bunga anggrek
Maluku
sagu, meranti, gotasa, kayu besi, lenggua, jati, kayu putih, dan anggrek

c . Flora di Indonesia Bagian Timur
Flora di wilayah Indonesia bagian Timur didominasi oleh hutan hujan tropis. Akan tetapi, jenis tumbuhannya berbeda dengan jenis tumbuhan di wilayah Indonesia bagian Barat. Jenis flora di wilayah hutan hujan tropis bagian Timur memiliki kesamaan dengan flora di kawasan Benua Australia, sehingga jenis floranya bersifat Australis. Salah satu flora ciri khas di kawasan Indonesia Timur adalah anggrek.
2 3 2