Jawabanmu

2014-09-01T19:18:50+07:00
1. gerak endonom/autonom (dari tumbuhan itu sendiri)
a. endonom nutasi (spontan): gerak aliran sitoplasma pada tanaman air Hydra
b. endonom higroskopis (kadar air rendah): kacang polong yang pecah saat kering
2. gerak etionom/esiono, (dari luar tumbuhan)
a. tropisme
Tropisme adalah gerakan tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Rangsang dari luar yang mempengaruhi gerak tumbuhan ada bermacam-macam. Misalnya cahaya, gravitasi, air atau kelembaban, dan sentuhan atau singgungan. Berdasarkan jenis rangsangan tersebut, tropisme dibedakan menjadi fototropisme, geotropisme, hidrotropisme, dan tigmotropisme.
b. taksis
Tumbuhan umumnya hanya mampu melalukan gerak pada sebagian anggota tubuhnya, misalnya akar yang mendekati air atau pucuk yang mendekati cahaya. Namun, pada tumbuhan tingkat rendah mampu melakukan gerak berpindah tempat. Seluruh tubuhnya berpindah. Misalnya, tumbuhan euglena dan bakteri besi. Gerak seluruh tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh datangnya rangsang disebut gerak taksis.
c. nasti
Gerak nasti adalah gerak pada tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Sama halnya dengan gerak tropisme, gerak nasti juga dipengaruhi oleh rangsang dari luar seperti cahaya, suhu, sentuhan/singgungan, bahan kimia, serta kondisi gelap.

3 1 3
2014-09-01T19:31:18+07:00
GERAK PADA TUMBUHAN :

Gerak ENDODOM : terjadi secara spontan
tidak diket penyebabnya
memerlukan rangsangan

Gerak HIGROKOPIS : gerak bagian tubuh tumbuhan yg disebabkan oleh kadar air

Gerak ESINOM :gerak yg terjadi akibat rangsangan dari lingkunyan sekitar
1 1 1